Mom
·
20 Oktober 2020 10:40

5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi

Konten ini diproduksi oleh
5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi (73416)
Ilustrasi bayi diare. Foto: Shutter Stock
Diare dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali bayi. Ya Moms, bayi dikatakan mengalami diare apabila frekuensi buang air besar (BAB) lebih dari 5 kali dalam sehari. Kemudian, tekstur fesesnya berubah menjadi lembut atau cair (mencret).
ADVERTISEMENT
Dilansir Wholesome Baby Food, biasanya diare pada bayi disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, keracunan makanan, intoleransi laktosa, hingga hingga sensitif terhadap obat-obatan. Kondisi ini pun tak jarang membuat si kecil merasa tidak nyaman dan rewel. Ia juga bisa menjadi lemas akibat dehidrasi karena terus-terusan buang air. Bahkan, kondisi ini juga bisa membuat dirinya jadi tak nafsu makan.
Kalau sudah begini, banyak ibu yang merasa cemas dan bingung harus memberikan makanan apa pada si kecil agar sembuh dari diare. Ya, sebelum pergi ke dokter, ada Anda bisa mencoba mengatasi diare dengan beberapa makanan berikut, Moms. Apa saja?
5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi (73417)
Ilustrasi bayi diare. Foto: Shutter Stock

Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi

1. Pisang

5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi (73418)
Ilustrasi Pisang Foto: Shutterstock/Baibaz
Buah berwarna kuning dan memiliki rasa manis ini memang kaya gizi. Kandungan vitamin B6, vitamin C, potasium, serat, dan tentunya karbohidrat dapat membuat bayi kenyang. Karena mudah dicerna, pisang pun dianggap salah satu buah yang dapat mengatasi diare pada bayi. Anda bisa mengolah pisang dengan menambah sereal atau roti panggang yang lembut, Moms.
ADVERTISEMENT

2. Apel

5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi (73419)
Ilustrasi memotong apel Foto: Dok.Shutterstock
Apel merupakan salah satu buah yang aman untuk pencernaan bayi dan kaya akan nutrisi. Antioksidan di dalam apel ternyata dapat menjaga kesehatan jantung anak.
Selain itu, kandungan mineralnya juga baik untuk pertumbuhan tulang, organ kulit dan otak si kecil. Apel juga merupakan salah satu buah yang tinggi serat, sehingga dapat mencegah anak terkena sembelit dan diare. Sementara senyawa triterpenoid di dalamnya berfungsi mencegah kanker berkembang di dalam tubuh, Moms.

3. Berbagai Jenis Karbohidrat

5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi (73420)
com-Ilustrasi karbohidrat Foto: Shutterstock
Nasi, roti, sereal, hingga kentang juga dipercaya sebagai karbohidrat yang dapat yang dapat melancarkan sistem pencernaan si kecil. Ya, makanan ini dapat memadatkan feses agar si kecil tak mencret lagi. Untuk nasi, Anda dapat membuat bubur atau nasi tim. Sedangkan untuk pengolahan roti dan kentang bisa dengan cara dipanggang atau kukus. Untuk sereal, dapat dicampurkan dengan yoghurt, Moms.
ADVERTISEMENT

4. Yoghurt

5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi (73421)
Ilustrasi Yogurt. Foto: Shutterstock
Asam laktat yang terkandung dalam yoghurt dapat membantu menyeimbangkan asam-basa dalam tubuh, sehingga membantu mencegah masalah pencernaan. Para ahli sepakat yoghurt bisa diberikan ketika usia bayi menginjak 6 bulan. Ya, di usia itu si kecil sudah bisa diberikan makanan dengan tekstur kental. Mereka juga menyebut bahwa greek yoghurt adalah jenis yoghurt terbaik yang bisa diberikan kepada bayi. Karena jenis yoghurt ini punya lebih banyak protein dan rendah gula.
Ingat Moms, jangan menambahkan madu pada yoghurt sebelum bayi berusia 12 bulan. Sebab dikhawatirkan si kecil mengalami keracunan botulisme.

5. Blueberry

5 Makanan yang Dapat Atasi Diare pada Bayi (73422)
Blueberry Foto: dok.shutterstock
Salah satu manfaat dari blueberry adalah melancarkan sistem pencernaan. Ya, kandungan serat yang terdapat dalam blueberry dapat meredakan sakit pada pencernaan dan melindungi lambung dari peradangan.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah 5 makanan yang dapat atasi diare pada bayi. Namun, bila Anda mendapati bayi sering BAB dengan konsistensi lebih cair, muntah, demam, ada darah di fesesnya dan diarenya tidak sembuh dalam waktu 3 hari, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.