Mom24 Mei 2018 20:34

5 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil yang Berpuasa

Konten Redaksi kumparan
5 Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil yang Berpuasa  (366358)
Olahraga saat hamil (Foto: Thinkstock)
Puasa tak boleh menjadi halangan untuk malas berolahraga. Tak terkecuali bagi ibu hamil yang memutuskan untuk berpuasa di bulan Ramadhan ini.
ADVERTISEMENT
Tapi ingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter ya, Moms. Jika dokter menyetujuinya, Anda dapat melakukan beberapa olahraga ringan, seperti jalan-jalan atau yoga.
Selain bisa menjaga tubuh agar tetap fit dan bugar, olahraga selama puasa juga punya banyak manfaat lain bagi ibu hamil, seperti:
1. Menguatkan Otot-otot
Kehamilan mengakibatkan beberapa otot tubuh tubuh menjadi lemah. Otot yang melemah ini dapat diperkuat dengan latihan. Tanpa latihan apapun, Anda akan merasakan sakit di bagian tubuh lain.
2. Menjaga Kelancaran Jantung dan Peredaran Darah
Dengan berolahraga, sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lanacar. Hal ini membuat tubuh bisah lebi efisien "memompa" oksigen untuk memenuhi kebutuhan janin. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar akan mencegah terjadinya varises yaitu pelebaran pembuluh darah pada ibu hamil.
ADVERTISEMENT
3. Memperbaiki Kulit Tubuh
Olahraga pada dasarnya membantu meningkatkan sirkulasi darah, sehingga dapat memperbaiki bentuk dan warna kulit Anda. Kulit wajah Anda akan bersinar dan lebih sehat, sementara kulit tubuh bisa menjadi lebih halus dan lentur.
4. Mengurangi Selulit
Olahraga secara teratur selama Ramadhan, bisa membantu Anda mengurangi risiko terkena selulit atau strech mark yang disebabkan oleh perubahan hormon selama hamil.
5. Daya Tahan Tubuh Terjaga
Olahraga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh Anda selama berpuasa. Olahraga akan memperkuat sistem kardio vaskular, sehingga membuat Anda tidak akan mudah lelah. Dengan otot yang lebih kuat, Anda tidak akan membutuhkan usaha lebih untuk melakukan berbagai aktivitas di bulan Ramadhan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white