kumparan
24 Januari 2020 10:59

5 Manfaat Pijat untuk Ibu Hamil

KONTEN SPESIAL MOM Ilustrasi pijat ibu hamil
Ilustrasi pijat ibu hamil. Foto: Shutter stock
Apakah Anda termasuk ibu hamil yang seringkali merasakan cemas dan pegal-pegal? Tenang saja, Moms, ini merupakan hal yang wajar, kok. Apalagi, seiring dengan bertambahnya usia kandungan, frekuensi pegal-pegal pun biasanya meningkat.
ADVERTISEMENT
Untuk meminimalisir rasa tak nyaman selama masa kehamilan, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara. Salah satu caranya dengan pijatan lembut di bagian tubuh yang terasa pegal.
Tak perlu cemas, sebab ibu hamil boleh-boleh saja dipijat, kok. Asal pijat yang Anda pilih tidak sembarangan, Moms. Pastikan pula terapis pijat Anda merupakan tenaga profesional bersertifikat yang bisa memijat ibu hamil.
Bila dilakukan dengan benar, pijatan yang dilakukan saat hamil punya beberapa manfaat, seperti:

1. Menurunkan ketegangan dan tingkat hormon stres

Ilustrasi pijat yang aman untuk ibu hamil
Ilustrasi pijat yang aman untuk ibu hamil Foto: Shutterstock
Pijatan lembut di permukaan kulit akan membantu mengendurkan otot yang tegang sehingga peredaran darah lebih lancar. Pijatan juga akan menstabilkan denyut jantung yang akhirnya memberi efek rileks dan tenang.
ADVERTISEMENT
Bukan itu saja, Moms. Saat aliran darah lancar, asupan oksigen dan nutrisi untuk janin pun tidak akan terhambat, sehingga perkembangan janin di dalam kandungan akan lebih optimal.

2. Meringankan nyeri pada punggung dan kaki

Hamil Trimester Ketiga
Hamil Trimester Ketiga Foto: Shutterstock
Salah satu manfaat utama pijat tentu saja meringankan nyeri dan pegal-pegal di badan. Tapi lebih dari itu, pijat bisa menjadi salah satu terapi sederhana untuk mempersiapkan otot dan sendi saat kehamilan mulai memasuki usia tua.
Dengan rutin melakukan pijatan di punggung dan kaki, otot dan sendi akan lebih rileks dan siap menopang beban perut yang semakin membesar. Pijatan juga bisa memperbaiki postur tubuh yang mulai berubah saat perut makin membuncit.

3. Memperbaiki mood

Ibu Hamil Menangis
Ibu Hamil Menangis Foto: Shutterstock
Tidak stabilnya hormon selama kehamilan kerap jadi penyebab mood swing atau emosi yang sering berubah-ubah pada ibu hamil. Nah, pijatan bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengendalikan mood swing agar lebih rileks.
ADVERTISEMENT
Dilansir Mayo Clinic, pijatan bisa membantu meredakan gejala kecemasan atau anxiety yang kerap menyerang ibu hamil. Bila dilakukan bersama pasangan, pijatan bahkan dapat membangun perasaan nyaman, saling peduli, hingga membangun koneksi dengan si kecil.

4. Memberikan rasa bahagia

Ilustrasi ibu hamil saat Natal tiba.
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Shutterstock
Seperti yang sudah dijelaskan, pijatan lembut bisa membantu mengendurkan otot yang tegang sehingga pikiran lebih rileks dan tenang. Nah, saat kita merasa rileks, tubuh lantas akan melepaskan hormon endorfin yang berfungsi mengurangi rasa sakit sekaligus meningkatkan perasaan bahagia.

5. Membuat tidur lebih nyenyak

Ibu hamil tidur.
Ibu hamil tidur. Foto: Shutterstock
Rasa nyeri dan pegal selama kehamilan sering membuat ibu hamil kesulitan tidur. Akibatnya, suasana hati pun bisa dengan mudah berubah akibat kelelahan. Melakukan terapi pijat bisa jadi solusinya, karena hormon endorfin saat pijatan berlangsung dapat meningkatkan rasa tenang sehingga nantinya lebih mudah terlelap.
ADVERTISEMENT
Agar pijat lebih aman, sebaiknya Anda juga harus rutin berkonsultasi ke dokter kandungan. Pastikan Anda mengetahui bagian tubuh mana yang boleh dan tidak boleh untuk dipijat.
Mama's Choice Relaxing Massage Oil
com-Mama's Choice Relaxing Massage Oil Foto: Dok. Mama's Choice
Kelima manfaat pijat hamil di atas bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk Mama’s Choice Relaxing Massage Oil. Dengan formula 100% alami dan komposisi utama minyak lavender, Anda bisa mendapatkan ketenangan serta kenyamanan dalam setiap tetesnya.
Selain berfungsi sebagai minyak pijat yang aman untuk ibu hamil, Mama’s Choice Relaxing Massage Oil juga bisa digunakan sebagai aromaterapi, lho. Anda bisa meneteskannya ke diffuser ataupun menggunakan alat manual lainnya.
Hanya dengan Rp 99 ribu saja, Mama bisa mendapatkan produk minyak pijat terbaik dan multifungsi. Tunggu apa lagi, Moms, dapatkan pengalaman pijat hamil yang nyaman sekarang juga dengan klik di sini.
ADVERTISEMENT
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Mama’s Choice.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan