Mom
·
11 Agustus 2020 18:55

5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dicegah dengan Menyusui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dicegah dengan Menyusui  (199301)
ibu menyusui - POTRAIT Foto: Shutterstock
Menyusui tidak hanya soal memberikan ASI untuk bayi, tapi Anda dan si kecil juga sama-sama mendapatkan manfaatnya, terutama dalam hal kesehatan. Misalnya manfaat menyusui bagi bayi, bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, membantu perkembangan tubuh dan otaknya, serta memberi imunitas yang bertahan lama sampai ia beranjak dewasa.
ADVERTISEMENT
Sementara untuk ibu, proses menyusui ternyata mampu menangkal berbagai penyakit, Moms. Berikut kumparanMOM merangkum 5 masalah kesehatan yang bisa dicegah dengan menyusui, seperti dikutip dari Todays Parent.
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dicegah dengan Menyusui  (199302)
Manfaat menyusui Foto: Shutterstock

1. Menyusui Mencegah Risiko Depresi Usai Melahirkan

Depresi usai melahirkan atau postpartum depression (PPD) ternyata terjadi pada 10 hingga 15 persen ibu baru, ciri-cirinya adalah selalu merasa sedih, kelelahan, kehilangan nafsu makan, sulit tidur, dan kesulitan menjalin hubungan dengan bayinya. Namun menurut studi tahun 2012 yang diterbitkan di International Journal of Psychiatry in Medicine wanita yang menyusui selama empat bulan pertama kehidupan bayinya ternyata memiliki risiko yang lebih rendah terkena PPD.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Saat ibu menyusui, hormon Anda mungkin berubah, itulah kenapa banyak wanita yang tidak menstruasi di beberapa bulan setelah melahirkan. Di balik itu ternyata ada manfaat lebih besar dari perubahan hormonal, Moms, yakni menurunkan risiko kanker.
ADVERTISEMENT
Penelitian menunjukkan bahwa menyusui, terutama menyusui selama lebih dari setahun, dapat mengurangi risiko kanker payudara, dan semakin lama Anda menyusui, semakin rendah risiko Anda untuk terkena kanker ovarium.

3. Menyusui Mencegah Penyakit Jantung

Menyusui sangat baik untuk jantung Anda. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Denmark dan Amerika Serikat menemukan hubungan antara menyusui dan kesehatan jantung pada tahun 2018. Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa wanita yang menyusui setidaknya selama empat bulan memiliki risiko hipertensi dan penyakit jantung 20 hingga 30 persen lebih rendah.
5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dicegah dengan Menyusui  (199303)
ibu menyusui Foto: Shutterstock

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Menyusui mempunyai efek perlindungan terhadap penyakit salah satunya diabetes tipe 2. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di JAMA International Medicine, wanita yang menyusui selama enam bulan atau lebih, berisiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Peneliti menduga, hal ini karena hormon laktasi yang berinteraksi dengan sel pankreas yang mengontrol insulin.
ADVERTISEMENT

5. Mencegah Penyakit Autoimun

Multiple sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang memengaruhi sistem saraf pusat. Ternyata penyakit ini bisa dicegah dengan menyusui. Sebab American Academy of Neurology telah menemukan bahwa ibu yang menyusui setidaknya selama 15 bulan, 53 persen di antaranya lebih kecil mengidap MS.