Mom
·
16 Juli 2021 19:08
·
waktu baca 3 menit

5 Permainan Anak TK yang Bisa Dilakukan di Rumah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Permainan Anak TK yang Bisa Dilakukan di Rumah (170843)
searchPerbesar
5 Permainan Anak TK yang Bisa Dilakukan di Rumah Foto: Shutter Stock
Di masa pandemi seperti sekarang, pastikan Anda menjaga keselamatan keluarga di rumah ya, Moms. Salah satunya dengan tetap berada di rumah bila tidak ada keperluan mendesak. Dengan tetap berada di rumah, Anda bisa menekan laju penularan virus corona.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, terlalu lama berada di rumah bisa saja membuat anak Anda bosan. Apalagi, jika anak Anda sudah di usia TK yang biasanya bermain dengan teman-teman sebaya di lingkungan rumahnya.
Untuk menyiasati kejenuhan si kecil, Anda bisa mengajak anak yang masih TK untuk melakukan permainan seru di rumah kok, Moms. Jika Anda bingung harus melakukan permainan seperti apa. Berikut beberapa rekomendasi permainan anak TK yang bisa Anda lakukan di rumah bersama si kecil!

Rekomendasi Permainan Anak TK yang Bisa Dilakukan di Rumah

5 Permainan Anak TK yang Bisa Dilakukan di Rumah (170844)
searchPerbesar
Permainan anak TK. Foto: Shutter Stock
1. Permainan Membeku
Permainan membeku akan sangat menyenangkan jika dilakukan bersama-sama. Jadi, ajak juga ayah, kakak atau adiknya dan anggota keluarga lain di rumah. Caranya mudah, Anda hanya perlu memilih lagu favorit anak dan jangan lupa untuk membesarkan volumenya.
ADVERTISEMENT
Kemudian, minta anak-anak menari sampai musik berhenti. Ketika musik berhenti, anak harus membeku dalam posisi apapun, tidak boleh ada yang curang, walaupun satu kakinya terangkat.
Untuk membuat permainan lebih menantang, mintalah anak-anak untuk membeku dalam posisi tertentu, misalnya hewan, huruf, atau postur benda-benda di sekitarnya. Si kecil pasti akan menyukai permainan ini.
2. Lampu Lalu Lintas
Permainan lampu lalu lintas sangat bagus untuk mengajarkan si kecil kesabaran. Apalagi bagi anak-anak yang tidak suka berdiri diam, Moms. Memainkan permainan ini juga sangat mudah, anak hanya harus bergerak sesuai warna lampu lalu lintas.
Jadi, Anda tinggal menyebutkan warna-warna lampu lalu lintas. Jika hijau, minta anak berlari, kuning berarti berjalan, merah berhenti, dan tambahkan satu warna lagi, yakni putih, artinya mundur.
ADVERTISEMENT
Dengan permainan ini, anak juga jadi paham dengan cara kerja lampu lalu lintas di jalan. Menyenangkan bukan?
5 Permainan Anak TK yang Bisa Dilakukan di Rumah (170845)
searchPerbesar
Permainan anak TK. Foto: Shutter Stock
3. Berburu Harta Karun
Anak-anak suka menemukan benda tersembunyi, terutama jika ada hadiah yang dia inginkan. Jadi ajak si kecil untuk berburu harta karun di rumah! Cukup tulis petunjuk Anda di beberapa lembar kertas.
Lalu, tempatkan petunjuk pertama di tempat yang mudah ditemukan, seperti di pintu kamar atau di meja belajar anak. Kemudian, tinggalkan petunjuk sebanyak yang Anda mau di sekitar rumah, yang memberikan petunjuk di mana harta karunnya berada.
Agar lebih seru, di setiap petunjuk yang anak temukan, Anda juga bisa menyelipkan uang recehan yang nantinya bisa ditabung oleh si kecil.
4. Bowling dalam Ruangan
ADVERTISEMENT
Bermain bowling dalam ruangan bisa menjadi cara yang bagus untuk memanfaatkan kembali botol air minum bekas. Caranya, letakkan enam hingga 10 botol air di ujung ruangan di rumah Anda, atau di mana pun.
Kemudian, tempatkan seutas selotip di garis start. Jangan lupa untuk siapkan bola berukuran sedang, dan mulailah bermain bowling! Agar lebih seru, Anda bisa memberikan hadiah pada si kecil jika berhasil mendapatkan skor tertentu.
5. Bermain Gelembung
Tidak perlu keluar rumah untuk bermain gelembung yang satu ini. Anda juga cukup menyediakan piring dan sedotan, beberapa tetes sabun cuci piring, dan air. Memainkannya juga cukup mudah, Moms.
Pertama, tuangkan sedikit sabun cuci piring dan air ke tengah piring, aduk perlahan sampai busa mulai terbentuk. Mintalah anak Anda meletakkan sedotan di busa, dan tiuplah dengan sangat lembut. Saat ditiup, akan ada gelembung besar mulai terbentuk.
ADVERTISEMENT
Seru kan, Moms? Kalau Anda punya referensi permainan seru lainnya untuk anak TK, yuk, berbagi informasinya di kolom komentar.