kumparan
16 Juli 2019 11:04

5 Restoran yang Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil

ilustrasi wanita makan di restoran
ilustrasi wanita makan di restoran Foto: Shutterstock
Ibu hamil bisa saja merasa tidak napsu makan. Semua makanan yang biasanya disukai, mendadak jadi tidak menggugah seleranya lagi. Atau sebaliknya, ibu hamil bisa juga jadi mudah lapar dan ingin makan terus. Semua makanan ingin dipesan, semua restoran ingin dimasuki. Hihihi... memang unik ya, Moms.
ADVERTISEMENT
Tapi bila Anda sedang hamil dan ingin makan di restoran, ada lho, restoran yang menyajikan makanan yang mentah atau kurang matang. Ingat Moms, makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan janin keracunan bakteri seperti listeria dan salmonella.
Restoran apa saja contohnya? Berikut, kumparanMOM merangkumnya untuk Anda:
Ilustrasi makan sushi.
Ilustrasi makan sushi. Foto: Foto: Pixabay
  1. Restoran Sushi
Makanan mentah, berbahaya bagi ibu hamil. Karena itu sebaiknya Anda tidak ke restoran sushi dulu selama hamil. Atau tetap ke sana, tapi pesan menu yang matang-matang saja. Pasalnya, ikan mentah berbahaya bagi ibu hamil maupun janinnya.
Di dalam ikan mentah yang biasanya melengkapi sushi, umumnya terdapat kandungan merkuri yang bila dikonsumsi berlebihan dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf dan otak janin. Selain itu listeria, parasit ikan mentah, bisa membuat wanita hamil sakit dan juga berpotensi membahayakan kesehatan bayi.
Steak Hotel by HOLYCOW!
Ilustarsi steak Foto: Toshiko/kumparan
  1. Restoran Steak
ADVERTISEMENT
Jika Anda ingin mengonsumsi steak, pastikan pesan steak well done atau yang dimasak dengan sempurna dan matang ke seluruh bagian ya, Moms!
Bila tidak suka steak yang dimasak seperti ini karena cenderung keras dan tidak juicy, mungkin Anda perlu menghindari restoran steak sekaligus selama menyandang status ibu hamil. Sebab, daging yang tidak matang sempurna atau setengah matang juga berbahaya untuk Anda.
Ayam Bakar Taliwang
Ilustrasi ayam bakar Foto: Adisty Putri Utami/kumparan
  1. Restoran Ayam Bakar
Sama seperti daging, ayam yang tidak dimasak benar-benar matang juga berbahaya untuk ibu hamil maupun janin di perutnya. Bahkan, ayam diketahui memiliki bakteri yang lebih jahat dibandingkan dengan daging sapi.
Bagaimana bila minta ayamnya dibakar sampai betul-betul matang? Tetap waspada, Moms. Pasalnya, ayam yang dibakar hingga betul-betul matang umumnya akan membuat sebagian kulitnya menghitam gosong. Area hitam gosong ini mengandung senyawa karsinogen yang juga tidak sehat untuk dikonsumsi, bahkan dapat meningkatkan risiko kanker.
Ilustrasi Masakan China
Ilustrasi Masakan China Foto: Pixabay
  1. Restoran Masakan China
ADVERTISEMENT
Yang salah dari restoran yang menyajikan masakan China atau Chinese Food adalah umumnya masakannya dibuat dengan cukup banyak MSG yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan kerusakan neurologis. Selain kandungan MSG yang tinggi, kandungan natrium (garam) dalam masakan China umumnya juga tinggi. Asupan natrium yang berlebihan juga bisa menyebabkan kembung, mual dan yang lebih buruk.
Sandwich
Sandwich Foto: Shutter Stock
  1. Restoran Khusus Sandwich
Di kota-kota besar terutama, kita kini dapat dengan mudah menemukan restoran atau gerai yang khusus menjual sandwich. Nah, apa bahayanya? Mayones dan salad dressing yang biasa dipakai di dalam sandwich mengandung telur mentah yang berbahaya untuk kesehatan janin. Jadi, jika ibu hamil masih ingin mengonsumsi sandwich (atau salad!), pastikan tidak ada kedua jenis bahan tersebut.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan