kumparan
20 Desember 2019 12:16

6 Aktivitas yang Sulit Dilakukan Ibu Hamil di Trimester Ketiga

ibu hamil - POTRAIT
Ilustrasi ibu hamil trimester ketiga. Foto: Shutterstock
Saat memasuki trimester ketiga kehamilan, Anda mungkin sudah merasa tidak sabar ingin bertemu dengan bayi di dalam kandungan. Tapi di sisi lain, Anda juga merasa tidak nyaman akibat perubahan bentuk tubuh yang kian membesar, sehingga sulit melakukan beberapa aktivitas. Ya Moms, hal sederhana yang dahulu bisa Anda lakukan dengan mudah, kini bisa jadi sangat sulit.
ADVERTISEMENT
Berikut ini adalah beberapa aktivitas sederhana yang mungkin akan sulit Anda lakukan lagi ketika memasuki trimester ketiga kehamilan, seperti dilansir Bounty.
stretch mark ibu hamil
Ibu hamil duduk di sofa. Foto: Shutterstock
1. Duduk di Sofa
Sebelum hamil atau saat Anda baru memasuki trimester pertama kehamilan, mungkin tak ada masalah bila ingin duduk di sofa ya, Moms. Namun di trimester ketiga kehamilan dan perut semakin membesar, sofa empuk itu kini tak lagi nyaman. Ya Moms, Anda kini harus memakai banyak bantal, mengangkat kaki, dan lama mencari posisi duduk yang paling nyaman untuk sekadar duduk di sofa.
2. Beranjak dari Sofa
Setelah menemukan posisi yang pas, ternyata Anda sadar harus buang air kecil dan harus beranjak dari sofa. Duduk di sofa saja sudah sulit, saat akan mengangkat badan dari sofa menuju kamar mandi pun ternyata sama sulitnya.
ADVERTISEMENT
Dengan perut yang sudah sangat besar, Anda harus lebih berusaha mengangkat badan Anda yang tak lagi ringan. Tapi, tetaplah tenang, Moms. Cobalah bangun perlahan dan tidak terburu-buru untuk menghindari cedera punggung.
Ilustrasi Ibu Hamil Mengemudi
Ilustrasi Ibu Hamil Mengemudi mobil Foto: Shutterstock
3. Keluar-Masuk Mobil
Dengan perut yang besar, tentu Anda harus ekstra usaha untuk bisa keluar-masuk mobil. Sebelum Anda duduk di kursi depan misalnya, Anda harus memundurkan posisi kursi agar perut Anda tidak terbentur dashboard mobil. Bila Anda ingin duduk di kursi belakang, Anda pun harus mendorong kursi depan agar kaki Anda lebih leluasa.
4. Memeluk Seseorang
Di trimester ketiga kehamilan, Anda mungkin sudah sangat sulit untuk bisa memeluk seseorang, karena pasti akan terbentur dengan perut ya, Moms. Kalau tetap dipaksakan tentu tidak akan nyaman, bukan?
Ilustrasi Ibu Hamil Memilih Sepatu
Ilustrasi ibu hamil pakai sepatu. Foto: Shutter Stock
5. Memakai Sepatu dan Kaus Kaki
ADVERTISEMENT
Inilah mengapa lebih banyak ibu hamil berjalan memakai sandal jepit ketimbang sepatu. Selain karena bengkak, Anda juga sudah sulit membungkuk untuk memakai sepatu karena perut Anda sudah membesar. Tapi bila Anda masih ingin memakainya, mintalah suami untuk membantu Anda memakai sepatu tersebut.
6. Mengoleskan Cat Kuku di Jari Kaki
Mungkin sebelum trimester ketiga kehamilan, Anda masih bisa mengoleskan cat kuku di jari kaki. Tapi sekarang, untuk bisa melihat ke bawah saja sudah sulit, apalagi menjangkau kaki untuk mengecat kukunya. Lebih baik, berkunjunglah ke salon untuk mendapatkan perawatan kuku kaki saat hamil.
Nah meski perubahan-perubahan ini mungkin membuat gerak Anda terbatas, tapi Anda harus tetap semangat menjalani kehamilan ini ya, Moms. Nikmati setiap momennya karena mungkin Anda akan rindu mengalaminya ketika si kecil sudah lahir.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan