Mom
·
15 September 2020 10:04

6 Manfaat Buncis untuk MPASI Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Manfaat Buncis untuk MPASI Bayi (139340)
Ilustrasi bayi makan sayur. Foto: Shutterstock
Setiap orang tua tentu ingin bisa memberi bayi kesayangannya MPASI yang bergizi. Begitu juga dengan Anda, bukan? Karenanya, jangan lupa manfaatkan buncis untuk jadi MPASI si kecil, ya. Sebab,meski harganya termasuk murah, buncis termasuk dalam 38 makanan tersehat di dunia versi The World's Healthiest Food (WHF), lho!
ADVERTISEMENT
Tentu saja gelar ini didapat bukan tanpa alasan. Faktanya, buncis mengandung vitamin A, vitamin C, folat, serat, antioksidan, kalsium, zat besi, fosfor, kalium, magnesium, natrium dan seng, yang tentu saja baik untuk kesehatan bayi. Kandungan ini juga yang membuat buncis bisa memberi deretan manfaat yang fantastis! Apa saja?
6 Manfaat Buncis untuk MPASI Bayi (139341)
Ilustrasi anak makan buncis. Foto: Shutterstock

6 Manfaat Buncis untuk Makanan Bayi

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Mengutip Parenting Healthy Babies, vitamin A yang terkandung dalam buncis bermanfaat bagi kesehatan mata bayi dan meningkatkan kesehatan penglihatannya. Selain itu, antioksidan buncis berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperkuat struktur mukosa di dalam tubuh, terutama yang ada di area mata.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Buncis adalah sayuran yang memiliki vitamin C yang tinggi lho, Moms. Vitamin C diketahui meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memberikan MPASI bayi dari bahan makanan ini, bisa mencegah flu, batuk, asma, dan mencegah radikal bebas.
ADVERTISEMENT

3. Baik untuk Perkembangan Otak

Asam folat adalah mineral yang ada di dalam buncis. Vitamin ini membantu dalam memproduksi sel darah merah yang penting bagi bayi. Selain itu, asam folat juga berguna untuk memperkuat sel-sel untuk perkembangan otak si kecil.
6 Manfaat Buncis untuk MPASI Bayi (139342)
Manfaat Buncis untuk Anak Foto: Pixabay

4. Menjaga Metabolisme Tubuh

Selain vitamin, buncis juga mengandung flavonoid, alkaloid, dan antosianin yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang ada di dalam tubuh melalui metabolisme.

5. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan Bayi

Buncis dikenal sebagai sayuran berserat. Serat makanan yang terkandung dalam buncis berguna untuk menjaga kesehatan usus besar sehingga pergerakan usus bayi Anda tetap sehat.
Serat makanan juga menyerap air di dalam tubuh dan membuang semua kotorannya melalui tinja. Anak yang teratur buang air besar, bisa mencegah penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.
ADVERTISEMENT

6. Perkembangan Tulang dan Gigi Bayi

Sayuran berwarna hijau ini juga mengandung kalsium, besi, fosfor, magnesium, kalium, natrium, dan seng yang berfungsi untuk membantu perkembangan tulang dan gigi si kecil.

Tips Mengolah Buncis menjadi MPASI Bayi

Mengutip Wholesome Baby Food, buncis paling baik jika diolah dengan cara dikukus atau direbus terlebih dulu sebelum diblender dijadikan bubur bayi. Anda cukup mengukus atau merebusnya tidak lebih dari 15 menit untuk mempertahankan warna dan menghindari tekstur lembek pada buncis. Buncis yang terlalu matang sebenarnya tidak masalah, tapi warnanya menjadi kurang cantik saja, Moms.
Selain itu, untuk memperkenalkan buncis pertama kali pada bayi, sebaiknya berikan satu sampai dua sendok makan saja. Intinya agar bayi Anda terbiasa dulu dengan tekstur dan rasanya. Sebab bila diberikan langsung banyak, kemungkinan perut bayi Anda menjadi kembung. Selamat mencoba!
ADVERTISEMENT