Mom10 September 2020 10:21

7 Bahan MPASI yang Baik untuk Perkembangan Tulang Bayi

Konten Redaksi kumparan
7 Bahan MPASI yang Baik untuk Perkembangan Tulang Bayi (71024)
Ilustrasi bayi makan MPASI. Foto: Shutterstock
Pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI yang berkualitas berperan penting dalam tumbuh kembang bayi, terutama perkembangan tulang si kecil, Moms. Oleh sebab itu, kita tidak boleh asal memilih bahan makanan yang akan dijadikan santapannya.
ADVERTISEMENT
Salah satu kandungan yang harus ada di dalam setiap makanan bayi adalah kalsium. Dalam sehari, bayi berumur 6-12 bulan membutuhkan 270 miligram kalsium, sementara anak di atas 12 bulan membutuhkan lebih dari 600 miligram.
Nah Moms, untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, berikut adalah 7 bahan MPASI yang baik untuk tulang bayi Anda, Moms.
7 Bahan MPASI yang Baik untuk Perkembangan Tulang Bayi (71025)
Ilustrasi makanan bayi. Foto: Shutterstock

Daftar Bahan MPASI yang Baik untuk Tulang Bayi

1. Yoghurt

Anda bisa memberikan yoghurt boleh sebagai campuran makanan bayi Anda. Di dalam yoghurt terkandung zat-zat protein, kalsium, vitamin D, fosfor, dan magnesium yang baik untuk perkembangan tulang si kecil. Selain itu, yoghurt juga baik untuk pencernaan anak karena mudah diserap oleh tubuh.

2. Ikan Sarden

Ikan sarden adalah salah satu bahan MPASI yang baik untuk kesehatan tulang bayi. Sarden mengandung tinggi kalsium, zat besi, protein, vitamin D, vitamin B, dan Zinc. Tak hanya bagus untuk perkembangan tulang anak, sarden juga mengandung tinggi lemak omega 3 yang bermanfaat bagi penglihatan bayi, kesehatan jantung, perkembangan sistem saraf pusat, dan pertumbuhan sel.
ADVERTISEMENT

3. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran yang bisa diolah sebagai makanan bayi. Bayam dikenal mengandung banyak nutrisi dari vitamin A, vitamin C, fosfor, tiamin, folat, kalium, magnesium, natrium, asam pantotenat, niacin, riboflavin, besi, selenium, tembaga, antioksidan, dan mangan. Umumnya, bayam merah lebih banyak kandungan kalsium daripada bayam hijau, sehingga sangat baik diberikan pada bayi agar di tumbuh dengan optimal.

4. Brokoli

Brokoli bisa diberikan pada bayi sejak ia berusia 6 bulan. Sayur berwarna hijau ini mengandung asam folat dan kalsium yang baik untuk perkembangan otak dan tulang bayi. Tak hanya itu, vitamin A, C, dan E yang terkandung dalam brokoli bagus untuk meregenerasi kulit dari kerusakan, lalu kandungan antioksidannya bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker dan penyakit kardiovaskular, Moms.
7 Bahan MPASI yang Baik untuk Perkembangan Tulang Bayi (71026)
Makanan bayi. Foto: Thinkstock

5. Ikan Salmon

Protein pada ikan salmon sangat baik diolah menjadi makanan pertama bayi. Menurut Dokter Gizi, dr. Diana F. Suganda, Sp.GK, M.Kes, Anda boleh memberikan salmon saat bayi berusia 6 bulan. "Salmon bisa diberikan sejak memulai MPASI sebagai sumber protein hewani,” ujarnya beberapa waktu lalu.
ADVERTISEMENT
Salmon dikenal sebagai raja dari segala ikan karena memiliki kandungan omega-3, DHA dan AHA yang tinggi. Kandungan ini baik untuk perkembangan otak dan tulang bayi.

6. Tahu

Tahu merupakan salah satu makanan yang sulit dicerna seperti kuning telur, sehingga lebih baik diberikan sebagai makanan bayi saat si kecil berusia 8 bulan. Meski begitu, makanan berbahan dasar kacang kedelai ini mengandung kalsium dan zat besi, yang baik untuk merawat tulang dan gigi si kecil. Selain itu, kandungannya yang rendah lemak dan bebas kolesterol. Sehingga tidak akan membuat si kecil obesitas, Moms.

7. Plum

Plum berserat tinggi, rendah kolesterol, bebas natrium, dan kaya akan vitamin A, C dan Beta-karoten. Serat dan gula alami dalam buah plum juga berguna untuk membantu menjaga keteraturan usus maupun mengatasi sembelit. Tak hanya itu, kandungan kalsium di dalamnya sangat baik untuk perkembangan tulang si kecil.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white