7 Essential Oil yang Bisa Bantu Tingkatkan Kesuburan

21 Januari 2022 16:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Essential Oil Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Essential Oil Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Essential oil dipercaya dapat membantu menyembuhkan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Selain itu, essential oil juga dapat meningkatkan kesuburan, Moms.
ADVERTISEMENT
Walau tidak secara langsung meningkatkan kesuburan, tapi beberapa essential oil dapat merangsang hormon seks. Selain itu, juga bisa menenangkan pikiran dan menurunkan stres. Dalam penelitian juga sudah dibuktikan ada hubungan antara stres dan kesuburan, bahwa stres dapat menekan kesuburan.
Lantas, essential oil apa saja ya yang dapat meningkatkan kesuburan?

Penjelasan soal Essential Oil yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Calendula oil atau minyak calendula. Foto: Pixabay
1. Calendula
Calendula merupakan minyak anti-inflamasi yang membantu dalam mengatur siklus menstruasi, mengobati nyeri, dan rasa tidak nyaman saat menstruasi. Oleh karena itu, calendula dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan.
2. Eucalyptus
Eucalyptus adalah minyak dengan aroma kayu, sehingga dapat menenangkan pikiran dan tubuh. Seperti dikutip dari Mom Junction, minyak ini juga dapat meningkatkan produksi lendir serviks.
ADVERTISEMENT
3. Jasmine
Wewangian bunga yang intens seperti jasmine, dikenal dapat meningkatkan gairah seks dan membuat suasana bercinta menjadi bergairah. Sehingga, dapat juga mendukung kesehatan reproduksi secara keseluruhan.
Lavender Oil. Foto: Shutterstock
4. Lavender
Lavender dapat membantu mengendalikan perubahan suasana hati karena ketidakseimbangan hormon. Selain itu, lavender juga dapat menurunkan stres dan menyeimbangkan sistem endokrin.
5. Sandalwood
Sandalwood dikenal sebagai afrodisiak yang dapat membantu meningkatkan dorongan seksual. Sandalwood juga dapat mengatur kadar testosteron dalam tubuh yang sangat penting bagi wanita.
Ylang-ylang Foto: dok. Thinkstock
6. Ylang ylang
Menurut Susan Curtis, dalam bukunya Neal's Yard Remedies Essential Oil, ylang ylang dapat meningkatkan dorongan seksual karena memiliki sifat afrodisiak. Kemudian, ylang ylang juga dapat membantu menyeimbangkan hormon dan meningkatkan organ reproduksi.
ADVERTISEMENT
7. Basil
Basil dipercaya dapat meningkatkan naluri seksual, menenangkan pikiran, dan merangsang organ reproduksi. Lalu, jika pijat relaksasi menggunakan basil, akan bermanfaat secara fisik maupun emosional.