kumparan
27 September 2019 18:33

7 Hal yang Perlu Ibu Hamil Lakukan saat Memasuki Trimester Ketiga

ibu hamil dan suami
ibu hamil trimester ketiga Foto: Shutterstock
Saat usia kandungan memasuki trimester ketiga, semua rasa campur aduk jadi satu! Tidak terasa sudah lebih dari 6 bulan lamanya membawa si kecil ke manapun, perut pun kian membesar, dan sebentar lagi bayi mungil yang ditunggu-tunggu itu akan meramaikan rumah.
ADVERTISEMENT
Mengingat kandungan sudah masuk trimester ketiga dan sebentar lagi akan bertemu bayi kecil, tentunya Anda butuh berbagai persiapan, Moms. Misalnya saja menentukan rumah sakit untuk persalinan nanti atau melakukan maternity shoot.
Tapi selain itu, Anda juga harus mempersiapkan berbagai hal penting lainnya. Lantas apa saja? Dilansir dari What to Expect, berikut 7 hal yang bisa Anda lakukan:
1. Rajin Kontrol Kehamilan
Ilustrasi hamil melakukan USG 4 dimensi
Ilustrasi kontrol kehamilan Foto: Shutter Stock
Saat kehamilan Anda menginjak 7 dan 8 bulan, dokter akan menyarankan untuk kontrol kehamilan lebih sering dibanding waktu sebelumya. Pastikan Anda taat mengikuti jadwal yang disarankan dokter demi kebaikan diri Anda dan bayi dalam kandungan.
Memasuki bulan ke 9, dokter juga akan memeriksa area serviks, untuk memastikan kehamilan Anda tergolong berisiko atau tidaknya.
ADVERTISEMENT
2. Beli Perlengkapan dan Peralatan Bayi Secukupnya
Ilustrasi kamar bayi
Ilustrasi kamar bayi. Foto: Shutter stock
Yang tidak kalah penting lainnya adalah membeli perlengkapan dan peralatan untuk buah hati, yang berguna saat membawanya pulang dari RS, serta sesampainya di rumah. Seperti pakaian, car seat yang sudah terpasang, dan boks tidurnya.
Ketika mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL), sebaiknya semua pakaian bayi itu sudah dicuci bersih, Moms. Jadi ketika bayi sampai di rumah, ia tinggal memakai baju barunya yang sudah wangi dan bersih.
3. Mengikuti Kelas
Ilustrasi kelas pranatal
Idealnya kelas pranatal tidak hanya berisi senam hamil saja Foto: Shutterstock
Agar makin mantap mempersiapkan kelahiran dan setelahnya, pada trimester ketiga ini Anda dan pasangan bisa mengikut kelas prenatal, Moms. Anda bisa bergabung dalam kelas yang mengajarkan teknik bernapas yang benar saat persalinan, teknik relaksasi, kelas mengurus bayi, kelas yoga, hingga menyusui.
ADVERTISEMENT
Berbekal dari informasi dan praktik yang sudah Anda dan suami lakukan, diharapkan Anda sudah tidak kaget atau panik saat eksekusi nantinya, Moms.
4. Persiapkan Aneka Bahan Makanan
Ilustrasi menyimpan makanan dalam kulkas
Ilustrasi menyimpan makanan dalam kulkas Foto: Shutter Stock
Ya Moms, Anda harus mempersiapkan aneka bahan makanan di rumah yang cukup untuk beberapa hari. Kenapa? Ketika si kecil sudah lahir, mungkin Anda akan sibuk mengurusi buah hati, sehingga mungkin juga tidak sempat untuk memasak atau bahkan tidak ada yang membantu untuk menyiapkan makanan.
Jadi agar asupan Anda dan suami aman, atau tidak perlu jajan setiap hari, Anda bisa menyiapkan aneka makanan siap masak yang sudah disimpan di kulkas, Moms.
5. Siapkan Tas untuk Kelahiran
Moms, meski dokter sudah menghitung HPL namun bisa saja prediksinya meleset. Bisa lebih cepat atau lambat, tergantung kapan bayi mau keluar.
ADVERTISEMENT
Tentunya Anda dan suami juga harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan yang terjadi. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan tas yang berisi barang-barang kebutuhan baik untuk Anda, suami dan si kecil.
Siapkan satu tas khusus yang mudah dicari dan ditemukan. Tak perlu besar yang penting tas tersebut benar-benar berisi barang-barang yang dibutuhkan seperti baju ganti, handuk, popok, makanan dan lain sebagainnya.
Jangan lupa juga untuk menentukan rute dan moda transportasi yang akan digunakan menuju rumah sakit. Plus simpan pula nomor-nomor darurat, dokter, hingga rumah sakit.
6. Pilah-pilih Dokter Anak
Ilustrasi dokter gigi anak
Ilustrasi dokter gigi anak Foto: Shutter Stock
Sebelum si kecil lahir, Anda bisa menggunakan waktu untuk memilih dokter anak yang nantinya akan menangani si kecil. Pertama-tama, Anda bisa mencari beberapa rekomendasi kerabat, kemudian gali lagi informasi dan track record-nya, Moms. Jarak tidak jauh dari rumah serta jam praktik yang cocok dengan Anda, juga perlu dipertimbangkan.
ADVERTISEMENT
7. Pelajari soal Persalinan
Ilustrasi menjelang persalinan
Ilustrasi detik-detik menjelang persalinan Foto: Shutterstock
Seperti tahapan-tahapannya dan yang sebaiknya dilakukan, serta mencari tahu dan memilih cara Anda mengatasi rasa sakit persalinan. Apakah intervensi obat-obatan atau epidural? Tentu Anda masih punya waktu untuk menimbangnya saat memasuki trimester ketiga ini, Moms.