kumparan
8 Des 2018 14:45 WIB

7 Macam Super Food yang Dipercaya Bisa Tingkatkan Produksi ASI Perah

Ilustrasi memompa ASI perah. (Foto: Shutterstock)
Menyediakan stok ASI perah yang bisa mencukupi kebutuhan bayi tentu menjadi dambaan semua ibu, khususnya ibu bekerja. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa terkadang ada masa-masa di mana ASI perah yang diproduksi tak sesuai harapan. Jika hal itu terjadi, Anda harus segera mencari solusinya, Moms.
ADVERTISEMENT
Anda bisa meningkatkan produksi ASI perah dengan lebih sering menyusui langsung dan lebih rutin memompa ASI. Selain itu, mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dipercaya bisa meningkatkan ASI perah juga tak ada salahnya, Moms. Anda bisa mecoba 7 makanan ini untuk melancarkan ASI perah.
Bayam
Tips olah bayam jadi MPASI bayi. (Foto: Pixabay)
Selain gandum, bayam juga mengandung zat besi yang bisa meningkatkan produksi ASI. Selain itu bayam juga kaya akan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang bayi. Anda dapat memilih bayam hijau maupun bayam merah karena keduanya sama-sama penuh nutrisi.
Jus Buah
Jus jeruk (Foto: Thinkstock)
Pilihlah buah yang memiliki tingkat air yang tinggi untuk meningkatkan produksi ASI Anda. Misalnya jus buah semangka, jeruk, dan melon. Tapi hindari memberi terlalu banyak gula pada jus buah Anda ya, Moms.
ADVERTISEMENT
Kacang Almond
Susu Almond (Foto: thinkstock)
Mengkonsumsi 10 kacang almond setiap pagi, akan membantu meningkatkan produksi ASI dalam tubuh Anda. Almond kaya akan kalsium dan asam lemak omega-3 yang meningkatkan hormon laktasi. Kacang almond juga baik untuk dijadikan camilan yang dapat menahan rasa lapar di antara waktu makan.
Sebagai alternatif, Anda juga dapat menikmati almond dalam bentuk susu yang kekinian.
Wortel
com-Wortel (Foto: Thinkstock)
Wortel mengandung enzim phytoestrogens yang berfungsi untuk meningkatkan produksi ASI perah dalam jumlah banyak. Selain itu wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi.
Beras Merah
Ilustrasi beras merah. (Foto: Thinkstock)
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa beras merah adalah makanan laktogenik. Ini mengandung stimulan hormon yang membantu meningkatkan sekresi susu. Manfaat kesehatan tambahan dari mengonsumsi beras merah adalah menjaga kadar gula dan meningkatkan nafsu makan ibu menyusui.
ADVERTISEMENT
Susu Sapi
Ilustrasi kemasan susu UHT untuk keluarga. (Foto: Shutterstock)
Konsumsi susu sapi juga baik untuk ibu menyusui karena nutrisi dalam susu sapi membantu meningkatkan kuantitas ASI perah. Susu sapi juga membantu menjaga kadar kalsium dalam tubuh.
Lantas susu sapi seperti apa yang Anda perlukan? Haruskah minum susu khusus untuk ibu menyusui? Bebas saja, Moms. Yang penting, batasi konsumsi susu sapi cukup 2 gelas saja dalam sehari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan