kumparan
25 Mei 2018 18:32

7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anak

Ilustrasi sayur-sayuran (Foto: Pexels)
Kekebalan tubuh atau disebut imunitas memang sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh tubuh. Seperti namanya, imun dalam tubuh berfungsi untuk memberikan perlindungan pada tubuh dari virus yang bisa menyebabkan tubuh menjadi sakit.
ADVERTISEMENT
Pada anak-anak, sistem kekebalan tubuh belum terbentuk dengan sempurna dan sekuat orang dewasa. Maka dari itu, orang tua perlu memberikan aneka makanan yang bisa meningkatkan kekebalan dalam tubuh, selagi imunitas itu sendiri berkembang.
Dikutip dari laman the health site, berikut beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan sistem imunitas pada anak:
Telur
Ilustrasi telur (Foto: pixabay)
Telur adalah sumber protein kelas satu. Bahkan kuning telur adalah gudang vitamin dan mineral penting untuk kesehatan tubuh. Menurut konsultan ahli gizi, Niti Desai di Rumah Sakit Cumbala, Mumbai, anak juga bisa mendapatkan antioksidan yang tinggi dari mengonsumsi telur.
Salmon
Lemak ikan salmon (Foto: Pixabay)
Salmon kaya asam lemak omega 3 yang membantu perkembangan otak, penglihatan dan juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya.
Kacang-kacangan
Ilustrasi kacang tanah (Foto: Pixabay)
Jika anak terlalu malas untuk mengonsumsi kacang utuh, Anda bisa memberikan mereka selai kacang yang dioleskan pada selembar roti gandum untuk menu sarapan setiap harinya. Padukan juga dengan segelas susu sapi murni untuk meningkatkan jumlah kalsium dalam tubuh.
ADVERTISEMENT
Berries
Berries (Foto: pixabay)
Meski bentuknya yang kecil, buah berries memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh anak.
“Anda bisa memotong buah berries atau stroberi dan campurkan ke dalam salad buatan Anda, ” ujar Niti
Sayuran Hijau
Sayuran hijau. (Foto: Pexels)
Bayam merupakan salah satu sayur yang paling sehat yang bisa dikonsumsi anak secara rutin. Pasalnya bayam memiliki kandungan asam folat dan vitamin yang baik untuk anak. Sayuran hijau selain bayam juga bisa membantu dalam perbaikan DNA dalam tubuh anak.
Yoghurt
Jenis-jenis yoghurt (Foto: Thinkstock)
'Yoghurt penuh dengan probiotik. Bakteri baik yang melawan dan menghentikan penyebaran bakteri yang jahat, serta membantu menjaga anak dari infeksi perut,’ tambah niti
Tambahkan buah segar seperti mangga, semangka atau melon ke dalam semangkuk yoghurt anak.
ADVERTISEMENT
Bawang Putih
Ilustrasi bawang putih. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Meski meninggalkan bau yang tidak sedap di mulut, tapi bawang memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti membantu melawan bakteri H.pylori di perut yang pada akhirnya akan mencegah infeksi pada lambung anak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan