Mom
·
20 September 2020 11:56

7 Manfaat Ikan Bandeng untuk MPASI Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Manfaat Ikan Bandeng untuk MPASI Bayi (93989)
Ikan Bandeng untuk MPASI Bayi. Foto: Thinkstock
Orang tua wajib memerhatikan pemilihan bahan untuk Makanan Pendamping ASI atau MPASI bayi. Tak hanya soal rasa, bahan-bahan untuk MPASI pun harus bersih, beragam, dan kandungannya kaya manfaat untuk kesehatan si kecil.
ADVERTISEMENT
Sumber protein misalnya yang bisa diambil dari berbagai jenis ikan, salah satunya adalah ikan bandeng. Ya Moms, ikan bandeng adalah jenis ikan yang mudah didapat, murah, tapi memiliki aneka manfaat baik untuk bayi. Bahkan kandungan gizinya tak kalah dengan ikan salmon.
Bandeng mengandung tinggi mineral, vitamin, dan asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Lantas, apa saja manfaat yang didapat bila mengolah ikan bandeng sebagai makanan bayi? Yuk, simak penjelasannya di sini.
7 Manfaat Ikan Bandeng untuk MPASI Bayi (93990)
Ikan bandeng. Foto: Novan Nurul Alam/kumparan

7 Manfaat Bandeng untuk MPASI Bayi

1. Perkembangan Otak hingga Jantung Bayi

Dilansir Health Benefit Times, bandeng mengandung tinggi lemak omega-3 yang bermanfaat untuk perkembangan dan daya ingat si kecil, Moms. Selain itu, kandungan omega-3 di dalam bandeng juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan mengontrol kadar kolesterol.
ADVERTISEMENT

2. baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan omega-3 dan vitamin A pada bandeng telah terbukti bisa membantu meningkatkan penglihatan pada bayi. Ya Moms, 100 gram ikan bandeng mengandung setidaknya 150 IU vitamin A.

3. Perkembangan Tulang dan Gigi Anak

Ikan bandeng juga mengandung kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang anak. Faktanya, mengonsumsi 100 gram daging ikan bandeng, terdapat 20 mg kalsium dan 150 mg fosfor yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Keduanya, mampu untuk menjaga kekuatan tulang, gigi, dan menambah tinggi badan si kecil.
7 Manfaat Ikan Bandeng untuk MPASI Bayi (93991)
memberi bayi makan Foto: Shutterstock

4. Meningkatkan Fokus

Kandungan DHA yang ada di dalam ikan bandeng terbukti bisa meningkatkan fokus bayi terhadap objek tertentu. Tak hanya DHA, bandeng juga mengandung EPA yang merupakan asam lemak esensial dan baik bagi kesehatan saraf bayi.
ADVERTISEMENT

5. Merawat Fungsi Ginjal Anak

Vitamin B12 yang ada di dalam bandeng bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah pada organ ginjal anak. Vitamin B12 membantu proses pembuangan limbah tubuh yang berasal dari makanan. Bila tidak segera dikeluarkan, akan menjadi racun dan berisiko terkena batu ginjal.

Diberikan Bertahap pada Bayi

Anda bisa memberikan ikan bandeng sejak bayi berusia 6 bulan. Namun, pastikan Anda bisa mengolah ikan bandeng segar menjadi makanan bayi. Pasalnya, ikan bandeng memiliki banyak duri, sehingga Anda harus memastikan benar-benar tidak ada duri atau tulang yang tersisa ketika mengolahnya jadi MPASI.
Selain itu, untuk meminimalisir risiko alergi pada bayi, cobalah untuk memperkenalkan ikan secara bertahap dan membuat catatan dari semua bahan makanan yang dikonsumsi bayi.
ADVERTISEMENT
Dengan begini, Anda dapat mengidentifikasi alergi yang mungkin terjadi pada si kecil. Jika setelah dikenalkan dengan satu jenis ikan bayi tidak mengalami alergi, Anda bisa melanjutkan pemberiannya, Moms.