7 Pilihan UV Sterilizer untuk Botol Susu Bayi

25 September 2020 16:30
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
7 Pilihan UV Sterilizer untuk Botol Susu Bayi  (36750)
searchPerbesar
Pilihan UV Sterilizer Botol Susu Bayi. Foto: Shutter Stock
Saat hendak memberi susu formula, botol susu bayi yang akan digunakan perlu terlebih dulu dicuci dengan seksama. Hal ini penting untuk menghindari susu yang diminum bayi terpapar kuman atau jamur yang bisa membuat bayi terinfeksi. Begitu juga dengan empeng atau dot yang melengkapi botol tersebut, Moms. Atau bila kita menggunakan botol untuk menyimpan ASI perah misalnya.
ADVERTISEMENT
Lebih baik lagi, bila botol disterilisasi. Caranya? Antara lain dengan merebus botol atau menggunakan alat steril botol susu bayi yang lebih praktis.
Pilihan alat steril botol susu bayi pun kini kian beragam. Salah satunya, alat steril yang menggunakan sinar ultraviolet yang berasal dari sinar lampu khusus atau biasa disebut UV sterilizer.
7 Pilihan UV Sterilizer untuk Botol Susu Bayi  (36751)
searchPerbesar
Pilihan UV Sterilizer Botol Susu Bayi. Foto: Shutter Stock
Tak hanya botol susu bayi dan perlengkapannya, beberapa merek produk UV sterilizer bahkan mengklaim dapat pula mensterilkan mainan anak seperti boneka hingga remot TV. Namun memang, harga alat ini biasanya lebih mahal dibandingkan alat steril jenis lain.
Tertarik membelinya? Berikut kumparanMOM merangkum beberapa merek UV sterilizer botol susu bayi yang bisa jadi pilihan Anda dan tersedia di beberapa toko yang menjual produk-produk bayi di Instagram maupun di e-commerce seperti Blibli, Tokopedia, dan Shopee*.
ADVERTISEMENT

Pilihan UV Sterilizer Alat Steril Botol Susu Bayi

1. uPang UV Waterless Sterilizer
uPang UV Waterless Sterilizer merupakan salah satu merek yang asing di telinga para ibu muda. Ya Moms, uPang adalah UV sterilizer tanpa air pertama di dunia dan Indonesia dari Korea. Produk ini mengklaim bahwa bisa menghilangkan 99,99 persen bakteri berbahaya seperti escherichia coli, staphylococcus aureus, salmonella typhimurium, dan pseudomonas Aeruginosa.
Alat sterilisasi ini dapat memuat hingga 16 botol susu bayi dan daya yang dibutuhkan hanya 35 watt. Namun tak hanya botol susu bayi saja, Anda juga bisa mensterilisasikan handphone, mainan anak, teether, piring, dan barang-barang lainnya yang tidak dapat disterilkan dengan air mendidih ataupun sterilisasi uap (steamer). Alat ini dijual di berbagai e-commerce dengan harga mulai dari Rp 3490.000,-, Moms.
ADVERTISEMENT
2. Little Giant Ornate UV Sterilizer & Dryer
Merek yang satu ini juga dapat mensterilisasi, mengeringkan, maupun menyimpan perlengkapan bayi seperti dot, botol susu, pompa asi, dan berbagai barang lainnya, Moms. Ada empat fitur yang terdapat dalam Little Giant Ornate UV Sterilizer&Dryer ini: dry (mengeringkan tanpa mensteril), sterilize (mensterilisasi tanpa pengeringan), auto (mengeringkan sekaligus mensterilkan), dan storage (menyimpan perlengkapan bayi agar tetap bersih).
Untuk fitur sterilize dibutuhkan daya sekitar 4 watt, sementara untuk fitur dry membutuhkan daya sekitar 75 watt. Alat sterilisasi ini pun dijual dengan harga mulai dari Rp 1200.000,- di berbagai e-commerce.
3. Spectra UV Sterilizer
Proses sterilisasi menggunakan Spectra UV Sterilizer menggunakan suhu kurang lebih 40 derajat Celcius untuk pengeringan dan sinar ultraviolet untuk mematikan kuman. Sama halnya dengan beberapa merek lain, Spectra UV Sterilizer juga bisa mensterilkan benda atau barang lain yang sulit atau bahkan tidak mungkin disterilisasi menggunakan steril konvensional.
ADVERTISEMENT
Namun, Spectra UV Sterilizer memiliki daya awal yang cukup besar, yaitu 180 watt. Mengapa? Karena sterilizer ini memiliki 1 buah PTC heater yang berfungsi untuk mempercepat pengeringan dengan suhu 40-45 derajat Celcius. Selain itu memiliki 1 buah kipas besar yang berfungsi sebagai ventilator dengan tujuan meminimalkan bau yang dihasilkan dari proses UV, dan 2 kipas kecil yang berfungsi untuk mempercepat proses pengeringan.
Pada saat Heater dan Dryer Fan mati, maka daya akan turun dengan sendirinya menjadi 40-50 watt, Moms. Adapun alat sterilisasi ini dijual dengan harga mulai dari Rp 4177.875 di beberapa e-commerce.
4. Crown Tipe CR9888-Steril UV-C
Crown juga memiliki UV sterilizer. Alat sterilisasi ini memiliki dua susun dengan rak stainless steel yang dapat menampung botol susu bayi dan beberapa barang lainnya, Moms. Alat ini hanya membutuhkan daya sekitar 10 watt untuk proses steril. Di e-commerce, Crown CR9888-Steril UV-C dijual dengan harga mulai dari Rp 1350.000,-.
ADVERTISEMENT
5. Claire's UV Sterilizer
Claire's UV Sterilizer salah satu pilihan lainnya yang juga dapat membasmi 99,99 persen kuman dan bakteri yang terdapat dalam botol susu bayi Anda, Moms. Tak hanya dapat mensterilkan perlengkapan bayi yang terbuat dari plastik, tapi alat ini juga bisa mensterilisasikan produk berbahan silikon, metal, melamin, dan kaca. Hal ini karena bagian dalamnya dilapisi bahan stainless dan kaca yang tahan akan daya panas. Claire's UV Sterilizer ini dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 1499.000,-.
6. OONEW UV Sterilizer
Selain bisa mensterilkan, OONEW UV Sterilizer juga bisa mengeringkan dan memproses penggantian udara melalui sistem ventilasi. Metode pengeringannya pun membutuhkan suhu sekitar 40-60 derajat Celcius. Sama halnya dengan merek lainnya, alat sterilisasi ini juga bisa mensterikan barang elektronik lainnya. Tapi perlu diingat, untuk barang eletronik dianjurkan harus dalam keadaan mati. Selain itu, alat yang satu ini membutuhkan daya sekitar 85 watt. Di pasaran, OONEW UV Sterilizer dijual dengan harga sekitar Rp 1699.150,-.
ADVERTISEMENT
7. Babyhood UV Sterilizer with Dryer
Babyhood UV Sterilizer with Dryer juga bisa mensterilkan botol susu bayi dan barang lainnya tanpa melepaskan bahan kimia berbahaya, Moms. Ya, alat ini bisa membunuh kuman hingga 99,9 persen. Seperti beberapa produk lainnya, Babyhood UV Sterilizer with Dryer juga memiliki 4 fungsi: mengeringkan (drying), mensterilisasikan (sterilize), mengeringkan sekaligus mensterilisasikan (auto), dan menjaga kebersihan peralatan (storage). Alat ini membutuhkan daya sekitar 135 watt. Di berbagai e-commerce, produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 1424.050,-.
*Rangkuman dibuat pada akhir September 2020
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020