Mom
·
9 Januari 2021 12:00

7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2723)
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi Foto: Freepik
Sayur-sayuran dapat diberikan ketika bayi mulai diberikan makanan pendamping ASI atau MPASI bersamaan dengan karbohidrat, protein, dan buah-buahan. Mengenalkan sayur sejak dini bisa membuat bayi mengenal varian rasa makanan.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, ada beragam jenis sayuran yang bisa jadi pilihan untuk menu MPASI bayi. Anda bahkan bisa memberikan sayuran di tukang sayur terdekat dengan harga murah meriah. Bahkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan bayi diberikan makanan lokal yang mudah ditemui atau makanan yang biasa dimasak di rumah.
Sebagai pilihan, berikut adalah 7 jenis sayuran yang murah meriah dan bisa diolah jadi MPASI bayi.

Beragam Jenis Sayuran untuk MPASI Bayi

  1. Bayam
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2724)
Bayam MPASI Foto: Freepik
Bayam sepertinya jadi sayuran yang selalu ada di tukang sayur. Selain harganya murah, bayam juga mengandung banyak nutrisi seperti karotenoid, vitamin C, vitamin K, asam folat, zat besi, dan kalsium dalam jumlah tinggi.
  1. Kangkung
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2725)
Kangkung MPASI Foto: Freepik
Kangkung merupakan salah satu sumber vitamin A yang paling melimpah. Mengutip Nutrition and You, kangkung juga mengandung Vitamin B kompleks seperti riboflavin, niasin, vitamin B6, dan asam folat yang berfungsi sebagai metabolisme. Kemudian, sayuran hijau ini juga mengandung mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, magnesium, mangan, dan fosfor.
ADVERTISEMENT
  1. Buncis
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2726)
Buncis MPASI. Foto: Pixabay
Buncis juga bisa diberikan kepada si kecil saat MPASI. Sayuran murah meriah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, B6, C, lalu kalsium, zat besi, dan magnesium.
  1. Wortel
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2727)
Wortel MPASI Foto: Pixabay
Selain bisa dimasak sebagai makanan berat, wortel juga bisa diolah menjadi camilan berupa pure, Moms. Sayuran ini merupakan sumber vitamin A yang sangat baik dalam bentuk beta karoten. Wortel juga merupakan sumber yang baik dari beberapa vitamin B, juga vitamin K dan kalium.
  1. Tomat
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2728)
tomat MPASI. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Anda mungkin selalu sedia tomat di rumah karena bisa diolah dan dicampur dengan makanan lain ya, Moms. Tomat juga bisa diberikan kepada bayi karena mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin C, kalium, vitamin K, dan folat.
ADVERTISEMENT
  1. Labu Siam
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2729)
labu siam MPASI Foto: Shutterstock
Rasanya yang segar dan mudah didapatkan, membuat labu siam bisa menjadi variasi MPASI si kecil. Jika memakan labu siam, bayi dapat mendapatkan beragam nutrisi, mulai dari vitamin B6, vitamin C, kalsium, zat besi, hingga magnesium.
  1. Jagung
7 Sayuran Murah Meriah untuk MPASI Bayi (2730)
Jagung MPASI Foto: dok.shutterstock
Kaya dengan karbohidrat dan protein, jagung bisa menjadi sumber energi bagi si kecil. Selain itu, jagung juga mengandung banyak vitamin A, vitamin C, potasium, dan berbagai mineral. Namun, jagung lebih baik diberikan saat si kecil sudah berusia 8 bulan karena lebih sulit dicerna, Moms.