kumparan
29 Agustus 2018 18:52

7 Tanda Hamil Ini, Calon Ibu Perlu Tahu

Ilustrasi Tanda Hamil.
Ilustrasi Tanda Hamil. (Foto: Thinkstock)
Terlambat datang bulan memang salah satu tanda hamil yang umum terjadi. Namun, selain itu ada juga sebenarnya gejala lain yang bisa Anda kenali, bahkan sebelum keterlambatan haid. Apa saja? Yuk simak 7 tanda hamil berikut di bawah ini sepertii yang telah dirangkum kumparanMOM.
ADVERTISEMENT
1. Haid Tidak Datang
Bila haid tidak datang atau amenorrhoe, ada kemungkinan Anda hamil. Sebab berhentinya hadi adalah pertanda dibuahinya sel telur oleh sperma. Tapi, kadang-kadang haid juga datang terlambat bila Anda tengah mengalami stres atau mengonsumsi obat-obatan seperti Primolut N, norethisteron, lutenil atau pil konstrasepsi.
2. Mual dan Muntah
Dialami 50 persen ibu yang baru mulai hamil, 2 minggu setelah tidak haid. Pemicunya karena meningkatnnya hormon hCG (Human Chorioni Gondadotrophin) atau hormon manusia, yang menandakan ada 'manusia lain' di tubuh Anda yaitu si jabang bayi.
3. Ada Bercak Darah dan Kram Perut
Kram Perut
Kram perut saat PMS merupakan hal wajar (Foto: Thinkstockphotos)
Jangan khawatir, itu disebabkan implantasi atau menempelnya embrio ke dinding rahim Anda, Moms. Terjadi 8-10 hari setelah ovulasi atau lepasnya sel telur matang dari rahim.
ADVERTISEMENT
4. Cepat Lelah dan Mengantuk
Bila Anda tiba-tiba mudah lelah dan mengantuk, bisa jadi itu juga sebuah tanda hamil. Hal ini dikarenakan akibat perubahan hormon dan kerja ginjal, jantung serta paru-paru yang semakin keras untuk calon ibu dan janin. Pastikan Anda mendapat cukup istirahat ya!
5. Sakit Kepala
Ilustrasi Tanda Hamil.
Ilustrasi Tanda Hamil. (Foto: Thinkstock)
Gara-gara lelah, mual, tegang atau depresi yang disebabkan perubahan kadar hormon tubuh ketika hamil. Meningkatnya pasokan darah ke tubuh juga bisa membuat calon ibu pusing setiap kali berganti posisi.
6. Sering Pipis
Buang air kecil lebihi sering
Buang air kecil lebih sering. (Foto: Thinkstock )
Hal ini dikarenakan janin Anda mulai tumbuh di rahim dan menekan kandung kemih. Juga, disebabkan akibat meningkatnya sirkulasi darah dan hormon kehamilan, sehingga muncul hasrat ingin selalu pipis.
7. Temperatur Basal Tubuh Naik
ADVERTISEMENT
Temperatur basal tubuh adalah temperatur yang bisa diambil dari mulut maupun vagina, saat bangun bangun di pagi hari. Temperatur itu sedikit meningkat setelah ovulasi dan akan turun ketika Anda haid. Namun, jika tetap tinggi, ini sebuah tanda hamil Moms. Caranya, siapkan temperatur dan catatlah secara konsisten setiap hari.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan