Mom
·
8 April 2020 9:59

7 Tips agar Anak Mau Pakai Masker

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Tips agar Anak Mau Pakai Masker (66040)
Anak pakai masker Foto: Shutterstock
Ada beberapa kondisi darurat yang membuat Anda perlu mengajak anak keluar rumah di tengah pandemi corona. Misalnya saja, bila harus ke rumah sakit untuk memberikan imunisasi pada si kecil.
ADVERTISEMENT
Di saat harus keluar rumah seperti itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menginstruksikan semua orang wajib menggunakan masker. Adapun masker yang disarankan untuk dipakai adalah masker kain berlapis tiga.
Bagi orang dewasa, menggunakan masker mungkin jadi hal yang biasa. Tapi bagi beberapa anak, penggunaan masker bisa jadi sangat tidak nyaman, karena ia belum terbiasa.
Lantas bagaimana cara membujuk anak agar ia mau menggunakan masker bila terpaksa bepergian di tengah pandemi virus corona? Lewat unggahan di Instagram resminya, Ikatan Psikolog Klinis Indonesia, membagikan beberapa tipsnya, seperti:

1. Bersabar

7 Tips agar Anak Mau Pakai Masker (66041)
Anak pakai masker Foto: Shutterstock
Mendorong anak untuk melakukan kebiasaan baru memang bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu, sampai akhirnya anak terbiasa dan tentunya hal tersebut tidak bisa dilakukan dengan cara instan. Jadi, kuncinya adalah bersabar dan jangan pernah menyerah mengajari dan mengingatkan anak, Moms.
ADVERTISEMENT

2. Memberikan penjelasan

Jangan lupa untuk menjelaskan pada anak kenapa dirinya harus menggunakan masker. Beri tahu si kecil, bahwa di tengah pandemi seperti ini, kita perlu membentengi diri kita agar tidak terinfeksi virus berbahaya. Apalagi bila sedang sakit, maka anak wajib memakai masker saat sedang berobat ke dokter. Katakan padanya, bahwa orang yang baik adalah mereka yang menjaga agar orang lain tidak ikut sakit.

3. Ajak bermain peran

Tips lainnya untuk mendorong anak menggunakan masker adalah lewat bermain peran. Caranya mudah kok, Anda bisa memasang masker pada boneka dan menjelaskan pada si kecil, tujuan dan manfaat penggunaan masker.

4. Buat anak tertarik

7 Tips agar Anak Mau Pakai Masker (66042)
Panji (8), mengenakan masker wajah berbentuk binatang Foto: REUTERS / Ajeng Dinar Ulfiana
Salah satu cara agar anak mau memakai masker adalah dengan membuatnya jadi tertarik. Ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya saja dengan menghias masker menggunakan stiker, atau membelikannya masker bergambar.
ADVERTISEMENT

5. Bantu anak perlahan

7 Tips agar Anak Mau Pakai Masker (66043)
Anak pakai masker Foto: Shutterstock
Mengajarkan anak menggunakan masker perlu dilakukan secara bertahap. Pada anak balita misalnya, coba awali dengan memakaikannya selama 10 hitungan, kemudian lama-lama perpanjang durasinya. Bila ia berhasil melakukannya, jangan lupa untuk memberikan pujian.

6. Jadi contoh

7 Tips agar Anak Mau Pakai Masker (66044)
Anak dan ibu gunakan masker Foto: Shutterstock
Jangan hanya menyuruh, orang tua juga harus menjadi contoh bagi anak. Perlihatkan pada si kecil bahwa Anda juga memakai masker sehingga anak akan mengikuti dan merasa ditemani.
Nah, Moms, bila Anda punya saran lain agar anak mau pakai masker, yuk, berbagi ceritanya di kolom komentar.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!
ADVERTISEMENT