9 Manfaat Air Lemon bagi Ibu Menyusui

23 Agustus 2022 18:59 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
10
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu menyusui. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Penting bagi ibu menyusui untuk mengonsumsi makanan dan minuman bergizi setiap harinya. Selain akan berpengaruh pada ASI, makanan bernutrisi tinggi juga mendukung kesehatan ibu sehingga memperlancar proses menyusui.
ADVERTISEMENT
Buah-buahan seperti lemon menjadi salah satu asupan bernutrisi yang baik untuk ibu menyusui. Lemon biasanya dapat dikonsumsi dengan diperas dan ditambahkan sedikit air hangat. Beberapa orang memilih menambahkan madu agar terasa lebih nikmat.
Lemon juga dikenal dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan seperti vitamin C, zat besi, fosfor, hingga berbagai senyawa antioksidan. Lantas, apa manfaatnya jika ibu menyusui minum air lemon?

Ragam Manfaat Air Lemon Selama Menyusui

Ilustrasi air lemon Foto: Shutter Stock
Penelitian di Cochrane, organisasi nirlaba asal Inggris yang jadi rujukan WHO, menunjukkan air lemon dapat meningkatkan hidrasi yang kemudian bisa mendukung suplai ASI secara optimal. Ibu menyusui yang mendapatkan hidrasi cukup setiap harinya dapat memproduksi ASI dengan kuantitas yang mencukupi kebutuhan bayi. Asupan cairan yang cukup juga akan mencegah dehidrasi pada ibu menyusui.
ADVERTISEMENT
Perasan air lemon tanpa gula merupakan minuman rendah kalori yang ideal daripada minuman kemasan. Air lemon membantu mengurangi konsumsi kalori total sekaligus menjaga ibu menyusui tetap terhidrasi. Penelitian di National Library of Medicine juga menunjukkan, air lemon mengandung polifenol yang membantu dalam penurunan berat badan dan melawan retensi cairan tubuh. Hal ini menjadi penting bagi ibu menyusui yang mungkin sedang berusaha menurunkan berat badannya pasca persalinan.
Air lemon membantu sistem pencernaan bekerja lebih maksimal untuk menyerap nutrisi dari makanan. Selain itu, air lemon juga menjaga masalah pencernaan seperti keasaman dan juga sembelit yang kerap dialami ibu menyusui, Moms.
Ilustrasi air lemon Foto: Shutter Stock
Polifenol di dalam lemon sama seperti eriocitrin, yaitu senyawa flavonoid yang memiliki dampak positif pada inang dan mikroba di dalam usus. Dengan demikian, air lemon akan membantu menyeimbangkan bakteri di usus.
ADVERTISEMENT
Mengutip Mom Junction, asam nitrat di dalam air lemon menjadikannya minuman yang efektif sebagai detoksifikasi hati. Konsumsi air lemon dalam jumlah sedang bermanfaat untuk mengontrol cairan empedu, memperbaiki tingkat oksigen dan kalsium di dalam liver, serta membersihkan toksin.
Lemon dan beberapa jenis jeruk lainnya mengandung vitamin C, antioksidan dan zat mikro yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh. Segelas air lemon baik untuk kesehatan ibu menyusui agar terhindar dari kemungkinan penyakit seperti flu dan pilek.
Ilustrasi air lemon untuk ibu menyusui Foto: Joshua Resnick/Shutterstock
Kelebihan berat badan akibat kehamilan berdampak pada kadar gula darah ibu. Senyawa naringenin di dalam lemon dapat membantu mengontrol kadar gula darah ibu menyusui agar dalam batas normal, meski angka berat badan masih tinggi.
ADVERTISEMENT
Penelitian menunjukkan, konsumsi air lemon dengan sedikit madu memberikan efek penurunan tekanan darah karena sifat anti-inflamasi, asam nitrat dan antioksidan di dalamnya. Hal ini tentunya juga baik untuk yang mengalami komplikasi kehamilan seperti preeklamsia.
Vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalam lemon bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sehingga, konsumsinya sangat baik untuk memperbaiki dampak kehamilan pada kulit ibu seperti kekeringan dan jerawat.
Ya Moms, itulah sederet manfaat air lemon jika dikonsumsi selama menyusui. Kendati demikian, air lemon atau buah asam lainnya mungkin tidak bersahabat bila Anda memiliki masalah lambung seperti maag dan GERD. Oleh karenanya, akan lebih baik bila Anda meminta saran dokter sebelum mengonsumsinya, ya.
ADVERTISEMENT