kumparan
search-gray
Mom27 Juli 2020 9:00

9 Mimpi yang Kerap Dialami Ibu Hamil dan Maknanya

Konten Redaksi kumparan
9 Mimpi yang Kerap Dialami Ibu Hamil dan Maknanya (615558)
ibu hamil - POTRAIT Foto: Shutterstock
Mimpi yang dialami oleh ibu hamil, sering dianggap hanya bunga tidur semata. Namun banyak juga yang percaya, kalau mimpi merupakan sebuah pertanda. Bagaimana dengan Anda? Percaya kalau mimpi sekadar bunga tidur atau khusus maknanya?
ADVERTISEMENT
Manapun yang Anda percaya, yang jelas ada banyak hal yang dapat dibahas dari ragam mimpi, Mimpi yang dialami ibu hamil misalnya, umumnya penuh dengan emosi yang merupakan cerminan dari perubahan yang dirasakan selama ini. Hal itu bisa disebabkan oleh perubahan hormonal, ketidaknyamanan fisik, dan rasa cemas tentang kondisi kehamilan yang tengah dialami.
Parents melansir, berikut ini adalah 9 mimpi yang mungkin dialami oleh ibu hamil, berserta kemungkinan makna di baliknya:
9 Mimpi yang Kerap Dialami Ibu Hamil dan Maknanya (615559)
Ibu hamil tidur dan bermimpi. Foto: Shutterstock

1. Ibu Hamil Mimpi Melahirkan Binatang

Bagi banyak wanita, untuk menguji rasa keibuan yang Anda miliki adalah dengan mempunyai hewan peliharaan. Bila Anda bermimpi melahirkan hewan peliharaan, artinya itu adalah latihan ketika Anda menjadi seorang ibu.
"Pada trimester pertama, Anda mungkin bermimpi tentang kelinci dan lain sebagainya. Gambaran ini menandakan rasa aman dan ketenangan. Demikian juga bila Anda bermimpi sudah menggendong bayi atau mengambil bayi dari perut Anda, artinya Anda sudah siap menjadi ibu," kata Veronica Tonay, Ph.D, psikolog dari Santa Cruz, California, AS yang juga penulis buku Every Dream Interpreted.
ADVERTISEMENT

2. Melahirkan Alien

Meskipun terkesan menyeramkan, Hillary Grill, seorang psikoterapis dan penulis buku Dream for Two mengatakan, mimpi tersebut cukup normal. Jika dikaitkan dengan kehidupan nyata, satu-satunya hal yang mirip itu adalah gambaran bayi Anda dari sonogram. Mimpi ini mirip artinya dengan melahirkan hewan.
Pendapat Hillary senada dengan apa yang dikatakan Jesicca Lara-Carraso, Ph.D, psikolog dari University of Montreal, Kanada. "Rasa cemas dan khawatir kehadiran bayi adalah bagian dari kehamilan awal. Jenis mimpi ini memungkinkan Anda mengatasi emosi Anda," katanya.

3. Mengambil Bayi dari Perut, Lalu Mengembalikannya Lagi

Setiap ibu pasti khawatir tentang kesehatan bayinya. Jadi bila Anda mengalami mimpi seperti ini, kemungkinan besar itu merupakan cerminan dari keinginan untuk melihat secara langsung, apa janin berkembang secara normal atau tidak.
ADVERTISEMENT
Setelah memeriksa untuk melihat semuanya baik-baik saja, di dalam mimpi itu Anda akan mengembalikan bayi ke rahim untuk terus tumbuh. Grill mengatakan, dalam penelitian mereka, mimpi ini paling umum dialami oleh ibu yang keguguran atau yang mempunyai kehamilan berisiko tinggi.
9 Mimpi yang Kerap Dialami Ibu Hamil dan Maknanya (615560)
Ibu hamil sedang bermimpi Foto: Shutterstock

4. Berenang, Tenggelam atau Berdiri di Laut

Ibu hamil yang bermimpi masuk air sepanjang 9 bulan, atau bermimpi Anda berenang, bisa jadi ini bermakna Anda terhubung dengan bayi Anda. Berenang juga bisa berarti ANda mencoba terhubung dengan bayi di dalam rahim yang dipenuhi cairan ketuban,
Sementara bermimpi tenggelam, mungkin berarti kewalahan atau perasaan takut Anda bila air ketuban pecah di tempat yang tidak seharusnya. Sedangkan jika bermimpi lautan dan ombaknya pecah artinya Anda akan segera melahirkan, Moms.
ADVERTISEMENT

5. Suami Selingkuh

Bermimpi suami selingkuh bisa menjadi tanda bahwa Anda merasa rentan dan tidak aman. Saat tubuh berubah, beberapa ibu merasa tidak menarik lagi. Kemudian bertanya-tanya apakah suami mereka masih menginginkan mereka dan apakah mereka akan mendapatkan tubuh mereka kembali.

6. Bermimpi tentang Mantan Kekasih

Mimpi-mimpi yang membuat Anda berkumpul dengan mantan pacar tidak berarti Anda diam-diam menginginkannya. Namun, itu bisa jadi tanda bahwa Anda merasakan peran baru sebagai seorang ibu dan tanggung jawab yang akan datang.
9 Mimpi yang Kerap Dialami Ibu Hamil dan Maknanya (615561)
Ibu hamil tidur. Foto: Shutterstock

7. Mimpi Lupa Meletakkan Bayi

Banyak ibu yang takut jika mimpi adalah sebuah firasat. Misalnya saja mimpi tentang kesalahan penempatan bayi atau bahaya yang menimpa bayi.
"Mimpi adalah cara otak untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan. Mimpi hanyalah proyeksi dari apa yang sedang Anda hadapi. Itu tidak bisa memprediksi masa depan," tulis Marjorie Greenfield MD, dokter spesialis kandungan dan profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Case Western Reserve, Cleveland, AS dalam bukunya The Working Woman's Pregnancy Book.
ADVERTISEMENT

8. Gigi Rontok

Gigi yang hancur adalah simbol kehilangan kontrol, Sifat berulang mimpi itu menunjukkan betapa Anda tertekan tentang bagaimana kehamilan Anda akan mempengaruhi hidup Anda.

9. Bermimpi Menjadi Superstar

Mimpi tentang ketenaran dan kepahlawanan sangat umum dialami ibu hamil. Ini sebagai bukti bahwa Anda menginternalisasi pentingnya peran Anda sebagai seorang ibu. Anda akan menjadi salah satu orang paling berpengaruh dalam hidup Anda kelak, Moms. Nah Moms, mimpi mana yang pernah Anda alami?
-----
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white