Mom
·
8 September 2020 16:00

Agar Bayi Cerdas, Beri MPASI dari 7 Jenis Bahan Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Agar Bayi Cerdas, Beri MPASI dari 7 Jenis Bahan Ini (77433)
bayi makan - POTRAIT Foto: Shutterstock
Siapa tak ingin punya bayi yang cerdas? Untuk mewujudkannya, tak hanya nemberi stimulasi yang tepat, bayi juga perlu Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang bergizi, Moms. Terutama untuk mendukung perkembangan otaknya.
ADVERTISEMENT
Mengutip International Foundation for Mother and Child Health, berikut 8 jenis bahan makanan yang bisa Anda masukkan ke dalam menu MPASI bayi untuk mendukung perkembangan otaknya.
Agar Bayi Cerdas, Beri MPASI dari 7 Jenis Bahan Ini (77434)
makanan bayi / MPASI Foto: Shutterstock

Daftar Makanan yang Dukung Perkembangan Otak Bayi

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu bahan makanan yang tepat untuk diberikan sebagai makanan pertama bayi. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang netral atau tidak terlalu manis dan pahit, sangat cocok untuk bayi, Moms. Selain itu, alpukat sangat bagus untuk perkembangan otak bayi karena mengandung lemak tak jenuh yang membantu aliran darah ke otak.
Tak hanya itu, buah yang berasal dari Meksiko ini juga mengandung asam oleat yang berperan menjaga mielin yakni salah satu selubung lemak yang ada di dalam saraf manusia. Selubung ini bertugas untuk meneruskan informasi yang didapat lalu diteruskan ke otak bayi. Vitamin B kompleks yang terkandung di dalam alpukat juga mengurangi risiko hipertensi pada bayi.
ADVERTISEMENT

2. Telur

Menurut studi yang dilakukan oleh Washington University, AS, khusus untuk mengetahui hal ini. Hasil studi tersebut membuktikan bahwa konsumsi satu butir telur setiap hari pada anak selama enam bulan dapat meningkatkan kemampuan otak anak-anak secara signifikan.
Hal ini dikarenakan telur mengandung nutrisi seperti seng, kolin, lutein, dan asam lemak omega 3 yang semuanya berperan dalam meningkatkan konsentrasi bayi. Kolin yang ada di dalam telur, membantu memproduksi asetilkolin yang berfungsi membantu meningkatkan daya ingat bayi.
Agar Bayi Cerdas, Beri MPASI dari 7 Jenis Bahan Ini (77435)
Ilustrasi buah dan sayur-mayur untuk MPASI Foto: Shutterstock

3. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh sangat bagus untuk meningkatkan konsentrasi pada bayi karena secara konsisten memasok energi ke otak. Biji-bijian ini memiliki indeks glikemik rendah dan secara bertahap melepaskan glukosa ke dalam darah sehingga tingkat fokus dan kewaspadaan si kecil terjaga, Moms. Selain itu, biji-bijian juga mengandung asam folat yang baik untuk otak anak.
ADVERTISEMENT

4. Sayur-sayuran

Tak hanya baik untuk kulit bayi, antioksidan juga berperan dalam menjaga kesehatan sel-sel otak bayi. Beberapa sayuran yang baik untuk otak bayi Anda antara lain wortel, labu, dan ubi. Sayuran yang berdaun hijau seperti bayam, lobak, dan kankung, juga mampu mencegah demensia.

5. Kacang

Kacang adalah makanan yang bermanfaat untuk perkembangan otak bayi karena kaya akan vitamin E yang bisa mencegah degenerasi kognitif. Kacang juga kaya seng yang membantu meningkatkan daya ingat anak Anda, Moms.
Agar Bayi Cerdas, Beri MPASI dari 7 Jenis Bahan Ini (77436)
makanan bayi / MPASI : bubur pisang oatmeal Foto: Shutterstock

6. Oatmeal

Oat kaya akan seng, vitamin E, vitamin B kompleks dan serat. Menurut sebuah penelitian, bayi, balita dan anak yang mengonsumsi oatmeal sebagai MPASI bayi serta sarapan cenderung memiliki memori spasial lebih baik.
ADVERTISEMENT

7. Ikan

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan bisa memperlancar pertumbuhan dan fungsi otak bayi. Mackerel, tuna, dan salmon sangat kaya akan asam lemak ini. Selain itu, ikan bisa membantu perkembangan mental anak Anda, Moms.
Nah dari daftar di atas sudahkah Anda memberikan salah satunya kepada si kecil?