kumparan
search-gray
Mom21 April 2018 9:56

Alasan Vitamin D Sangat Dianjurkan bagi Anak

Konten Redaksi kumparan
Alasan Vitamin D Sangat Dianjurkan bagi Anak (213424)
Anak bermain (Foto: Thinkstock)
Vitamin D merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, dan berperan mengontrol jumlah kalsium dalam darah. Anak yang kekurangan vitamin D memiliki risiko lebih besar mengalami patah tulang lengan yang lebih parah sehingga membutuhkan perawatan bedah, menurut penelitian yang dikutip dari laman The health site.
ADVERTISEMENT
Studi ini menemukan hubungan penting antara kadar vitamin D yang rendah dan tingkat keparahan patah tulang pada anak-anak, yang disebabkan oleh peristiwa trauma saat jauh seperti jatuh dari sepeda dan jatuh saat berlari.
Data yang didapat menunjukkan bahwa sebesar 50 persen anak laki-laki dan 40 persen anak perempuan setidaknya mengalami patah tulang saat berusia 18 tahun.
“Patah tulang umumnya terjadi karena anak kekurangan vitamin D,” ujar Pooya Hosseinzadeh, selaku Asisten Profesor di Washington University School of Medicine di AS.
Mengetahui bahwa kekurangan vitamin D bisa menyebabkan kurangnya keseimbangan kalsium dan kurangnya kepadatan mineral, maka masuk akal jika anak rentan mengalami patah tulang ketika sedang beraktivitas fisik atau mengalami kecelakaan seperti jatuh dari sepeda maupun jatuh saat berlari.
Alasan Vitamin D Sangat Dianjurkan bagi Anak (213425)
Susu. (Foto: Pexels)
Studi ini, dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Akademi Orthopedi Dokter Amerika 2018, termasuk di depan 100 anak berusia antara 13 sampai 15 tahun yang didiagnosis dengan patah tulang di lengan.
ADVERTISEMENT
Vitamin D sendiri sebenarnya akan diproduksi secara alami oleh tubuh saat terkena langsung paparan sinar matahari. Tapi tetap saja penyerapan ini tidak akan optimal jika tidak didukung dengan makanan yang mengandung vitamin D.
Anda bisa memberikan anak satu sampai dua gelas susu setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Selain itu satu ons salmon juga mengandung vitamin D yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan kalsium anak.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white