Mom
·
21 November 2020 17:04

Anak Pilek, Benarkah Bisa Diobati dengan Daun Sirih?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anak Pilek, Benarkah Bisa Diobati dengan Daun Sirih? (47480)
Ilustrasi anak pilek. Foto: Shutterstock
Pilek bisa dibilang jadi salah satu penyakit langganan yang kerap menyerang anak. Ya, pilek merupakan gejala klinis akibat infeksi saluran pernapasan (ISPA) atau dalam dunia medis dikenal dengan sebutan selesma atau nasofaringitis.
ADVERTISEMENT
Bahkan terkadang, pilek dan flu kerap kali disamakan oleh banyak orang. Padahal keduanya adalah hal yang berbeda. Ya Moms, flu bukan merupakan nama penyakit, sementara pilek merupakan gejala yang timbul dan bisa disebabkan karena berbagai hal.
Pada saat anak mengalami pilek, biasanya kondisi ini disertai dengan beberapa gejala, seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, demam, batuk, atau bahkan tampak wajahnya tampak lemas.

Pilek Bukan Tanda Penyakit Serius

Anak Pilek, Benarkah Bisa Diobati dengan Daun Sirih? (47481)
ilustrasi anak pilek dan bersin-bersin Foto: Unsplash
Kendati demikian, Anda tak perlu cemas, ya, Moms. Sebab, anak pilek biasanya bukan gejala penyakit yang serius. Sebagian besar penyebab selesma merupakan virus, maka kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya (self-limiting disease). Demikian hal yang disampaikan Dokter Spesialis Anak, dr. Ellen Wijaya, SpA kepada kumparanMOM.
ADVERTISEMENT
Namun rupanya, ada berbagai cara tradisional yang dipercaya dapat mengobati anak pilek, salah satunya dengan daun sirih. Caranya pun mudah, Anda cukup menempelkan daun sirih yang sudah dikukus atau dipanaskan di dada si kecil. Hal ini pun dipercaya bisa membuat cairan di dalam hidungnya itu keluar. Tapi, apakah benar cara ini ampuh dilakukan?

Kata Dokter soal Penggunaan Daun Sirih sebagai Obat Pilek Anak

Anak Pilek, Benarkah Bisa Diobati dengan Daun Sirih? (47482)
Ilustrasi daun sirih. Foto: Shutter stock
Menurut dr. Ellen, orang tua boleh-boleh saja menggunakan daun sirih untuk atasi pilek pada anak. Namun dengan syarat, daun sirih tersebut harus dicuci bersih terlebih dahulu. Ada pun daun sirih bersifat antibakteri dan anti-peradangan sehingga dipercaya dapat mengatasi hal tersebut.
"Terapi tradisional seperti daun sirih, dan obat herbal lainnya (boleh digunakan)," ujar dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah, Puri Indah, Jakarta Barat tersebut.
ADVERTISEMENT
Kendati demikian, hingga kini belum ada bukti secara ilmiah terkait penggunaan daun sirih sebagai obat anak pilek. Sehingga, diperlukan peninjauan lebih lanjut.
Anak Pilek, Benarkah Bisa Diobati dengan Daun Sirih? (47483)
Ilustrasi anak sedang pilek Foto: Shutterstock
Sementara itu, mengutip laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bila yang menyebabkan anak pilek itu adalah alergi, maka langkah yang harus dilakukan adalah menghindari pemicu alergi itu sendiri serta obat-obatan untuk mengatasi kekambuhan, atas resep dokter. Di Indonesia atau negara tropis, umumnya alergen atau pemicu alergi adalah tungau, debu rumah, bulu binatang, dan kecoa.
Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pilek dapat sembuh dengan sendirinya, Moms. Sebab bersifat swasirna --akan membaik secara alamiah. Meski begitu, mengatasi anak pilek juga bisa orang tua bantu dengan membiarkan anak mendapat istirahat cukup dan banyak minum air putih. Lantas, kapan anak perlu dibawa ke dokter?
ADVERTISEMENT
Bila anak pilek sudah berlangsung lama, kira-kira 10 hari atau lendirnya kehijauan maupun berdarah lewat dari salah satu lubang hidung berbau tak sedap. Sebab hal ini dapat menandakan gejala penyakit yang lebih serius.