Mom
·
18 September 2020 16:21

Anak Shandy Aulia Main Finger Painting, Apa Manfaatnya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Anak Shandy Aulia Main Finger Painting, Apa Manfaatnya? (91372)
Shandy Aulia dan anaknya, Claire Foto: Instagram/@shandyaulia
Terlalu lama berada di rumah akibat pandemi virus corona, membuat orang tua dituntut untuk lebih kreatif agar anak mereka tak dilanda rasa bosan. Setuju, Moms? Jika Anda tengah kehabisan ide, mungkin bermain finger painting bersama si kecil dapat menjadi pilihan. Ya, seni melukis menggunakan jari tangan ini rupanya memiliki banyak manfaat untuk anak.
ADVERTISEMENT
Bahkan, belum lama ini aktris Shandy Aulia mengisi waktu luangnya di rumah bersama anaknya, Claire Herbowo dengan bermain finger painting. Tak hanya berdua, sang suami David Herbowo rupanya juga terlibat dalam kegiatan tersebut. Wah, serunya!
Menariknya, saat melakukan kegiatan ini mereka juga kompak menggunakan busana yang senada. Ya, Shandy, suami, dan si kecil Claire menggunakan pakaian berwarna putih. Shandy dan Claire pun menggunakan aksesori bando berwarna kuning, sementara suami menggunakan aksesori topi berwarna kuning.
Dalam video berjudul 'MOMMY VS DADDY | PERANG CAT!!!' yang diunggah di kanal YouTube pribadi sang ibu, bayi yang baru berusia 7 bulan itu mulanya tampak bingung. Secara perlahan, Shandy pun mencoba memperkenalkan satu per satu warna kepada Claire. Lama-kelamaan, ia pun terlihat sangat antusias dan mengeksplorasi banyak warna.
Anak Shandy Aulia Main Finger Painting, Apa Manfaatnya? (91373)
Shandy Aulia dan anaknya, Claire bermain finger painting. Foto: Instagram/ @shandyaulia

Alasan Shandy Main Finger Painting bersama Anak

Di video berdurasi kurang dari 10 menit tersebut, Shandy pun membeberkan alasan dirinya memperkenalkan finger painting pada anaknya. Salah satunya, karena ia ingin memperkenalkan banyak warna dan si kecil bisa bermain bebas mencoret-coret media, seperti kertas karton menggunakan tangannya.
ADVERTISEMENT
"Finger paint ini menurut aku bagus banget buat anak. Jadi, anak bisa langsung sentuh, biasanya kan hanya lihat warna-warna. Finger paint ini kayak mengasah mereka untuk lebih bisa eksplor warna," ucap pemain film 'Eiffel I'm in Love' ini.
Bagi Anda para orang tua yang ingin melakukan kegiatan finger painting bersama si kecil, ibu berusia 33 tahun tersebut pun menyarankan agar Anda dapat membeli cat yang aman bagi bayi. Sebab, bisa saja si kecil akan memasukkan jari tangan ke dalam mulutnya. Sehingga, jika Anda menggunakan cat yang aman hal ini tak membahayakan mereka.
"Pastikan finger paint-nya khusus untuk baby. Jadi, jangan asal beli cat saja, tapi enggak aman. Jadi, memang harus yang spesial aman kalau misalkan masuk ke mulut," lanjutnya.
Anak Shandy Aulia Main Finger Painting, Apa Manfaatnya? (91374)
Ilustrasi anak bermain finger painting. Foto: Shutter Stock

Manfaat Bermain Finger Painting untuk Anak

Kegiatan corat-coret seperti finger painting ini rupanya memiliki manfaat untuk anak, Moms. Psikolog Anak, Remaja dan Keluarga, Irma Gustiana, M.Psi., Psi menjelaskan bahwa kegiatan ini bisa mengasah kemampuan koordinasi motorik si kecil, sehingga jari jemarinya menjadi luwes dan fleksibel.
ADVERTISEMENT
Selain itu, dengan bermain finger painting juga dapat mengembangkan imajinasi dan kreasi anak. Si kecil jadi bisa mengenal konsep warna karena akan ada banyak warna yang digunakan.
"Finger painting juga bisa sebagai salah satu wadah anak untuk mengekspresikan apa yang ia rasakan melalui lukisan yang dibuatnya. Selain itu, manfaat lainnya juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi mata dan tangannya lebih baik lagi," kata Irma kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Kendati permainan ini disarankan untuk anak usia 2-6 tahun, namun bagi Anda yang ingin memperkenalkan pada si kecil yang masih bayi, Anda tampaknya bisa mengikuti saran dari Shandy Aulia yaitu membeli cat yang aman untuk anak. Selain itu, tetap awasi si kecil saat bermain ya, Moms!
ADVERTISEMENT