kumparan
search-gray
Mom24 Juli 2020 18:40

Anak Takut Bermain Kotor, Orang Tua Harus Bagaimana?

Konten Redaksi kumparan
Anak Takut Bermain Kotor, Orang Tua Harus Bagaimana? (1208559)
Ilustrasi anak bermain finger painting. Foto: Shutter Stock
Moms, jangan pernah melarang anak Anda bermain, termasuk bila si kecil senang bermain kotor. Sebab, hal itu juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembangnya.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja, bila anak Anda senang melukis dengan jari atau yang juga dikenal dengan sebutan finger painting. Ya, hal itu ternyata merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan dirinya, serta bisa melatih koordinasi tangan dan matanya yang berperan penting dalam proses menulis di kemudian hari. Hal tersebut jelas bisa menunjang tumbuh kembang anak.
Lantas, bagaimana jika anak tidak suka bermain kotor-kotoran? Apakah hal ini akan menghambat perkembangannya?
Anak Takut Bermain Kotor, Orang Tua Harus Bagaimana? (1208560)
Festival Hari Anak Live Hari Kedua bersama Cussons Kids & Carex. Foto: kumparan

Kata Psikolog soal Anak Takut Main Kotor

Irma Gustiana, M.Psi., Psi., Psikolog Anak, Remaja, dan Keluarga menjelaskan bahwa anak-anak yang takut bermain kotor kemungkinan ada sedikit masalah dengan sensori integrasi. Sehingga, kondisi ini biasanya membuat mereka menjadi hipersensitif dengan jenis media tertentu.
"Jadi, bukan berarti kita menjauhkan anak dengan benda-benda tersebut. Tapi kita harus lebih sering menstimulasinya," ujar Irma dalam acara 'Festival Hari Anak Hari Kedua bersama Cussons Kids & Carex' bersama kumparan, Jumat (24/7). 
Anak Takut Bermain Kotor, Orang Tua Harus Bagaimana? (1208561)
Ilustrasi anak bermain finger painting. Foto: Shutter Stock

Bermain Kotor Sekaligus Proses Belajar Anak

Bila di awal anak takut bermain kotor, hal itu wajar terjadi. Ya, hal ini merupakan salah satu proses si kecil belajar untuk mengenali perasaan yang diterima atau dirasa melalui kulitnya. Jadi, apabila anak Anda masih khawatir atau merasa jijik jika bermain kotor, sebagai orang tua Anda disarankan untuk tetap memberikan dorongan kepada si kecil, Moms.
ADVERTISEMENT
"Dengan kita memberikan stimulasi, nantinya anak akan jadi terbiasa dan beradaptasi dengan elemen-elemen yang ada di lingkungannya," tutup founder dari Ruang Tumbuh tersebut.
Nah Moms, biarkan saja bila si kecil ingin bermain kotor, seperti melakukan finger painting. Tapi tetap ingat, setelah selesai bermain tetap jaga kebersihannya dengan mencuci tangan atau apabila ada bagian badan yang kotor segera bersihkan tubuhnya secara menyeluruh dengan mandi.
Dalam kesempatan yang sama, Irma Gustiana juga memberikan berbagai tips untuk membiasakan anak menjaga kebersihan tubuhnya. Yuk, saksikan videonya di link artikel di bawah ini.