Mom
·
7 Desember 2020 11:57

Apakah Bayi di Dalam Kandungan Bisa Melihat?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apakah Bayi di Dalam Kandungan Bisa Melihat?  (12485)
searchPerbesar
Ilustrasi janin usia 5 bulan. Panjangnya sekitar 25-30 cm atau sepanjang buah pisang. Foto: Shutterstock
Apa saja yang dapat dilakukan bayi di dalam kandungan selalu menarik untuk dibahas. Maklum saja, ibu hamil hanya dapat merasakan gerakan si kecil tapi tidak bisa melihatnya.
ADVERTISEMENT
Akhirnya dari hari ke hari, ibu hanya bisa bertanya-tanya. Mulai dari apa yang tengah dilakukan bayi di dalam perutnya, hingga sejauh apa kemampuannya telah berkembang. Kemampuan untuk melihat misalnya. Apakah di dalam kandungan bayi sudah bisa melihat?

Perkembangan Mata Bayi di Dalam Kandungan

Apakah Bayi di Dalam Kandungan Bisa Melihat?  (12486)
searchPerbesar
Hasil USG dari Ibu Hamil Foto: Shutterstock
Moms, sebelum sampai pada jawaban dari pertanyaan di atas tadi, kita perlu lebih dulu memahami bagaimana perkembangan bayi di dalam kandungan.
Seperti hidung dan telinga yang bertanggung jawab atas panca indera kita, mata juga dikendalikan oleh otak yang terhubung melalui sel saraf. Saat janin tumbuh, salah satu bagian pertama dari sistem visual yang mulai berkembang adalah saraf optik.
Saraf optik di setiap sisi kepala terbentuk ketika sel-sel dari jaringan otak sedang berkembang selama minggu ke-4 kehamilan. Dilansir What to Expect, pada waktu yang sama juga sel-sel lain mulai berkembang menjadi lensa mata, yang membantu bayi ibu fokus pada objek dekat dan jauh.
ADVERTISEMENT
Sekitar sebulan kemudian atau sekitar minggu 8 kehamilan, struktur mata menjadi lebih kompleks dan retina mulai terbentuk. Lantas kapan matanya dapat melihat?

Kapan Janin Mulai Bisa Melihat

Apakah Bayi di Dalam Kandungan Bisa Melihat?  (12487)
searchPerbesar
ilustrasi janin tampak pada hasil USG Foto: Shutterstock
Dilansir Womans Health, biasanya pada minggu ke-16 mata bayi sudah mulai menangkap cahaya dan matanya bisa membuat gerakan kecil dari satu sisi ke sisi lain sebagai responsnya.
Ibu hamil dapat membuktikannya dengan menyalakan senter lalu memainkannya di depan perut lalu amati. Apakah Anda merasakan gerakan si kecil sesuai dengan arah gerakan cahaya senter? Lucu, ya!
Yang menarik lagi, meski sudah mampu menangkap cahaya, pada usia ini mata janin masih belum terbuka.

Kapan Mata Bayi di Dalam Kandungan Terbuka

Apakah Bayi di Dalam Kandungan Bisa Melihat?  (12488)
searchPerbesar
perut ibu hamil Foto: Shutterstock
Kelopak mata bayi dalam perut pertama kali terbuka biasanya pada minggu ke-26 atau akhir trimester dua. Saat itu lah mata bayi ibu akan terbentuk sepenuhnya. Mereka juga mulai bisa mengedip dan semakin ahli dalam melihat cahaya.
ADVERTISEMENT
Meskipun tidak banyak yang bisa dilihat bayi di dalam kandungan, dia akan merasakan pergerakan cahaya terang di luar tubuh ibu. Mungkin jika ibu memainkan senter di luar perut, si kecil akan meresponsnya dengan menendang.
Untuk membantu perkembangan mata, ibu bisa sering keluar rumah atau berjemur agar bayi bisa melihat cahaya matahari. Dilansir Nature, hal itu dapat mengurangi risiko beberapa gangguan mata. Moms.