Mom
·
1 Desember 2020 17:00

ASI Bisa Bantu Sembuhkan Mata Bayi yang Belekan, Mitos atau Fakta?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
ASI Bisa Bantu Sembuhkan Mata Bayi yang Belekan, Mitos atau Fakta? (11704)
Ilustrasi ibu memberikan ASI pada bayi. Foto: Shutterstock
Belekan pada bayi adalah hal yang wajar terjadi, terutama di minggu-minggu pertama kelahirannya. Meski demikian, belekan pada bayi terkadang membuat kita khawatir ya Moms.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui bahwa penyebab utama belekan pada bayi adalah karena katup hasner di saluran air mata yang gagal berfungsi normal saat kelahiran. Seperti dilansir laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Nasolacrimal Duct Obstruction menjelaskan sekitar 5 persen bayi baru lahir mengalami sumbatan pada matanya dan hampir 90 persen dapat sembuh sendiri pada usia 1 tahun.
Namun, beberapa ibu percaya bahwa belekan pada bayi bisa disembuhkan dengan ASI. Wah, benar enggak, ya?

Kata Dokter soal Membersihkan Belek Menggunakan ASI

ASI Bisa Bantu Sembuhkan Mata Bayi yang Belekan, Mitos atau Fakta? (11705)
mata bayi Foto: Shuttetrstock
Ya Moms, membersihkan belek menggunakan ASI dengan cara diusapkan atau diteteskan langsung ke mata, dipercaya bisa membuat belek menjadi kering dan bayi akan berhenti belekan. Hal itu dipercaya karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang baik, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air garam, dan gula. ASI juga mengandung sel-sel hidup yang berperan sebagai zat anti-infeksi dan imunitas alami untuk melindungi bayi dari berbagai ancaman penyakit.
ADVERTISEMENT
Meski memiliki kandungan yang baik dan mengandung banyak zat imun yang bisa menangkal reaksi benda asing, menurut Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Laktasi, dr. Wiyarni Pambudi SpA, IBCLC, jangan pernah membersihkan belek bayi menggunakan ASI. Sebab, kebiasaan meneteskan ASI untuk mengusir belek justru bisa menunda pemeriksaan yang diperlukan. Ya, ibu yang sudah memberi swa-medikasi biasanya tidak merasa perlu memeriksakan bayinya.
“Akibatnya, jika belek muncul karena infeksi, justru makin terbengkalai atau tidak tertangani sebagaimana mestinya,” ujar dokter yang praktik di BJ Medical Center itu.

Cara Membersihkan Belek pada Bayi

ASI Bisa Bantu Sembuhkan Mata Bayi yang Belekan, Mitos atau Fakta? (11706)
Mata bayi Foto: Shutterstock
Jadi, bagaimana cara terbaik untuk membersihkan belek bayi? Menurut dr. Wiyarni, belek pada bayi lebih baik hanya diseka dengan kapas basah. Namun, tetap dipantau kondisi matanya. Jika ada tanda kemerahan, gatal, atau belek yang muncul terus-menerus, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.
ADVERTISEMENT
Untuk menghindari terjadinya infeksi, mata bayi juga bisa diberikan salep atau tetes mata, namun sekali lagi, harus dengan resep dokter ya, Moms. Jika sudah telanjur membersihkan mata menggunakan ASI, lebih baik segera periksakan ke dokter jika ada efek samping pada mata bayi Anda.