kumparan
search-gray
Mom1 Mei 2018 12:07

Atasi Sembelit Pada Anak dengan 3 Jenis Sayur Ini

Konten Redaksi kumparan
Atasi Sembelit Pada Anak dengan 3 Jenis Sayur Ini (4942)
Ilustrasi sakit perut. (Foto: Thinkstock)
Sembelit merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling umum dialami oleh anak-anak. Ini dikarenakan sistem pencernaan anak yang belum terbentuk dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Minum lebih banyak air putih bisa menjadi salah satu cara paling mudah yang bisa dilakukan anak untuk menghindari sembelit. Tapi hal ini juga harus diimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung serat, Moms.
Dikutip dari laman Boldsky, berikut tiga sayur yang paling baik dikonsumsi untuk mengatasi sembelit pada anak:
1. Brokoli
Atasi Sembelit Pada Anak dengan 3 Jenis Sayur Ini (4943)
Ilustrasi brokoli. (Foto: Thinkstock)
Brokoli adalah sumber serat yang baik yang dapat mendukung gerak usus. Anda bisa mengukus brokoli dan menyajikannya pada anak sebagai camilan dengan cocolan saus keju agar anak lebih semangat memakannya.
2. Wortel
Atasi Sembelit Pada Anak dengan 3 Jenis Sayur Ini (4944)
Wortel. (Foto: Pexels)
Wortel kaya akan serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan harian anak. Wortel juga merupakan jenis sayur yang kaya akan vitamin C.
Anda bisa mencuci dan mengupas kulit wortel sampai bersih, lalu potong dadu atau potong kecil-kecil wortel sebelum diolah agar lebih mudah dimakan anak. Tambahkan daging ayam atau lauk lainnya agar anak lebih semangat untuk mengonsumsinya.
ADVERTISEMENT
3. Kacang Polong
Kacang Polong memiliki lebih dari 10 gram serat per porsi dan merupakan obat alami yang sangat baik untuk mengobati sembelit pada anak-anak.
Rebus kacang polong lalu sajikan sebagai menu camilan anak. Anda bisa menyajikannya kacang polong dengan sayur lainnya seperti jagung yang sudah diserut atau dengan bola daging ayam cincang. Hmm, enak!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white