kumparan
23 Januari 2019 18:41

Bagaimana Penglihatan pada Bayi Usia 4 Bulan?

Ilustrasi kesehatan mata bayi
Ilustrasi kesehatan mata bayi (Foto: Thinkstock)
Penglihatan adalah salah satu hal yang perlu Anda amati dalam berbagai tonggak tumbuh kembang bayi usia 4 bulan. Ya Moms, karena di usia ini, penglihatannya semakin tajam dan fokus. Tak heran bila Anda menggodanya, ia akan segera menanggapi dengan senyuman yang menggemaskan.
ADVERTISEMENT
Ini karena penglihatannya tak lagi buram seperti saat ia baru lahir. Saat itu, bayi baru bisa fokus melihat objek berjarak 25-30 cm dari wajahnya. Lalu ketika usianya menginjak 2 bulan, si kecil sudah mulai bisa melihat objek berwarna hitam dan putih serta mengikuti arah cahaya. Nah, saat usianya 4 bulan ia mulai bisa mendeteksi serta menyukai warna lainnya yaitu merah dan biru.
Bayi Tengkurap
Memberi bayi kesempatan tengkurap atau tummy time sangat penting (Foto: Shutterstock)
Fokusnya juga semakin meningkat sehingga ia mulai mengenali wajah Anda, ayahnya, dan wajah-wajah lain yang sudah akrab dengannya dari kejauhan. Semakin gemas saja ya, Moms!
Gerak bola matanya juga sudah bisa mengikuti objek bergerak. Pekembangan penglihatan ini membuatnya juga takjub terhadap dirinya sendiri. Kok bisa? Coba letakan bayi Anda di depan cermin dan lihat betapa ia benar-benar menyukainya.
ADVERTISEMENT
Selain menyenangkan bayi, membiarkan bayi bermain dengan bayangan di depan cermin juga meningkatkan kecerdasan. Melihat bayangannya sendiri melatih si kecil belajar memusatkan perhatian, melacak gambar, dan mengeksplorasi hal-hal menakjubkan pada wajah manusia. Bersama Anda, buatlah aneka mimik wajah yang lucu-lucu.
Ilustrasi anak bercermin.
Ilustrasi anak bercermin. (Foto: Thinkstock)
Jangan khawatir dan sedih berlebihan dulu bila bayi Anda belum mencapai hal-hal yang telah disebutkan di atas. Sebab, perkembangan penglihatan tiap bayi bisa saja berbeda. Untuk meningkatkan indra penglihatannya ini, tentu saja Anda bisa menstimulasinya. Misalnya dengan bermain cermin dengan Anda atau memberinya cermin yang terbuat dari plastik, sehingga tak mudah pecah dalam genggaman bayi.
Cara lainnya yaitu dengan mengajaknya bermain cilukba. Permainan yang tak lekang oleh waktu ini selain bisa membuat bayi tertawa geli, ia juga akan belajar tentang konsep objek hilang dan muncul.
ADVERTISEMENT
-----------------------------------------
Moms, yuk, pantau terus tumbuh kembang si kecil dengan mengikuti topik Tumbuh Kembang Bayi yang khusus disiapkan kumparanMOM. Dalam topik itu, kami akan membahas tahapan tumbuh kembang bayi perbulan disertai dengan berbagai artikel menarik lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan