Mom
·
15 Juli 2020 8:14

Bahaya Ayunan Bayi yang yang Tak Banyak Diketahui

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bahaya Ayunan Bayi yang yang Tak Banyak Diketahui (44442)
Bahaya ayunan bayi yang jarang diketahui Foto: Shutterstock
Ayunan bayi merupakan salah satu alat yang sering digunakan sehari-hari oleh orang tua dalam mengasuh si kecil. Tak hanya praktis digunakan, perlengkapan bayi ini dianggap dapat membuat bayi menjadi lebih tenang, membuai dan membuat bayi mudah tertidur.
ADVERTISEMENT
Namun sebaiknya Anda waspada sebelum membeli atau menggunakannya, Moms. Sebab jika tidak digunakan dengan tepat, ayunan bayi ternyata bisa membahayakan! Berikut penjelasannya:

Berisiko Sebabkan Bayi Cedera

Bahaya Ayunan Bayi yang yang Tak Banyak Diketahui (44443)
Ayunan bayi berisiko bayi cedera. Foto: Shutterstock
Seorang Dokter Spesialis Anak sekaligus Ketua American Academy of Pediatrics Council on Injury, Violence and Poison Prevention, Ben Hoffman, menjelaskan bahwa penggunaan ayunan bayi berbahaya bila tanpa pengawasan atau bila digunakan untuk bayi tidur.
"Menggunakan ayunan aman selama bayi terjaga dan diawasi. Itu tidak apa-apa. Tetapi begitu bayi tertidur di ayunan dan atau ditinggal di atas ayunan tanpa pengawasan, itu jadi berbahaya," jelas Ben Hoffman, seperti dilansir Todays Parent.
Ya Moms, meski si kecil belum bisa duduk misalnya, gerakan tubuh maupun ayunan dikhawatirkan membuat si kecil terjatuh sehingga bisa menimbulkan luka memar, cedera kepala berat hingga sesak napas.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu, meskipun ayunan bayi diberi pengaman, si kecil juga bisa saja mengubah posisinya hingga miring, keluar dari pengaman, tercekik tali hingga tertindih bantalan maupu bagian lain dari ayunan tersebut. Akibatnya? Jalan napas si kecil bisa tertutup hingga menimbulkan risiko bayi meninggal.
Hoffman pun menjelaskan, bahwa ayunan bayi kerap membuat si kecil tidur dengan nyaman, yaitu dengan posisi miring. Padahal posisi miring disebut tidak baik untuk kesehatan bayi. Jadi sebaiknya, jangan biasakan bayi tertidur di ayunan ya, Moms!

Cara agar Bayi Tidak Terbiasa Tidur di Ayunan

Bahaya Ayunan Bayi yang yang Tak Banyak Diketahui (44444)
Bahaya ayunan bayi yang jarang diketahui. Foto: Shutterstock
Senada dengan Hoffman, Alanna McGinn, Direktur International Association of Child Sleep Consultants (IACSC), juga menyebut bahwa pemakaian ayunan bayi berpotensi menimbulkan bahaya. Oleh karenanya, McGinn menyarankan Anda untuk tidak terlalu sering menaruh si kecil di ayunan.
ADVERTISEMENT
Cara yang bisa Anda lakukan adalah jika biasakan menidurkan si kecil di boks atau tempat tidurnya, Moms. Meski sulit, namun hal tersebut perlu dilakukan demi keselamatan si kecil.
"Anda harus membiasakan bayi tidur di tempat tidur mereka. Dan lakukan hal tersebut dengan konsisten," pungkasnya.