Banyak Barang Tak Terpakai di Rumah? Ini 5 Pilihan Tempat Menyalurkannya, Moms

15 Agustus 2020 19:14
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Banyak Barang Tak Terpakai di Rumah? Ini 5 Pilihan Tempat Menyalurkannya, Moms (36393)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membersihkan rumah. Foto: Shutter Stock
Di akhir pekan, umumnya banyak ibu senang melakukan aktivitas membersihkan rumah alias beberes barang-barang. Maklum, di hari Senin sampai Jumat, kita biasanya disibukkan dengan pekerjaan atau aktivitas lainnya.
ADVERTISEMENT
Namun, akibat pandemi virus corona yang belum berlalu, kegiatan ini mungkin saja jadi lebih sering Anda lakukan bersama anak, suami, atau anggota keluarga lainnya karena hampir seluruh aktivitas dilakukan di rumah saja.
Banyak Barang Tak Terpakai di Rumah? Ini 5 Pilihan Tempat Menyalurkannya, Moms (36394)
zoom-in-whitePerbesar
Banyak Barang Tak Terpakai di Rumah? Ini 5 Pilihan Tempat Menyalurkannya, Moms. Foto: Shutter Stock
Ya Moms, semangat membersihkan barang-barang di rumah agar terlihat lebih rapi mungkin akan timbul di saat ini karena rasa bosan yang melanda. Tak jarang, ketika sedang membersihkan sesuatu tempat Anda akan menemukan barang yang sudah lama tak terpakai namun masih layak untuk digunakan. Pada saat itu pula, mungkin saja Anda dilanda rasa bingung apakah barang tersebut harus kembali disimpan atau lebih baik dibuang begitu saja.
Tapi tunggu dulu, Moms, sebelum Anda berpikir untuk membuangnya, akan lebih baik lagi jika barang Anda yang sudah tak terpakai namun masih bisa digunakan itu disalurkan atau didonasikan kepada orang yang lebih membutuhkan.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana caranya?
Banyak Barang Tak Terpakai di Rumah? Ini 5 Pilihan Tempat Menyalurkannya, Moms (36395)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mainan anak yang sudah tak terpakai untuk didonasikan. Foto: Shutter Stock
Tak perlu khawatir, Moms. Kini sudah banyak tempat donasi barang yang bersedia menampung barang bekas Anda. Nantinya, barang-barang tersebut akan didistribusikan ke pihak lain yang membutuhkan.
Punya barang elektronik seperti kulkas, tv, atau dispenser, mainan anak yang sudah tak terpakai, pakaian, buku, dan berbagai hal lainnya dapat didonasikan di beberapa tempat ini. Nah, berikut kumparanMOM telah merangkum 5 pilihan tempat donasi yang bisa Anda pilih untuk menyalurkan barang-barang layak pakai yang sudah tidak digunakan di rumahq.

5 Tempat Donasi Barang Tak Terpakai

1. Give2 Pick Indonesia

Give2 Pick Indonesia merupakan jasa angkut barang bekas layak pakai yang nantinya akan didonasikan kepada kaum yang membutuhkan. Barang-barang bekas yang dimaksud di antaranya: pakaian, perlengkapan sekolah, mainan anak, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Jika Anda ingin menyalurkan barang bekas milik Anda atau anggota keluarga lain di sini, pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menghubungi pihak Give2 Pick Indonesia melalui nomor WhatsApp 0859-2113-2055 (untuk wilayah Jakarta) dan 0857-4000-3257 (untuk wilayah Yogyakarta).
Setelah menghubungi pihak Give2 Pick Indonesia, tim mereka pun akan datang ke rumah Anda untuk menjemput barang donasi dan Anda pun hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 15 ribu. Kemudian, donasi yang Anda berikan akan terlebih dulu ditampung di gudang Give2 Pick Indonesia untuk disortir dan barulah disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.
Informasi lebih lanjut, Anda dapat melihat Instagram resmi mereka @/give2indonesia atau website give2(dot)id.

2. Sedekah Barang Berkualitas

Sedekah Barang Berkualitas merupakan salah satu bentuk unit usaha dari Yayasan Amal Khair Yasmin --lembaga yang membangun berbagai unit usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan untuk membiayai program-program sosial. Di Sedekah Barang Berkualitas, Anda pun dapat mendonasikan apa pun barang yang tak terpakai di rumah, Moms. Mulai dari lemari, stroller bayi, mainan anak, meja, sofa, laptop, hp, kasur, dan lainnya dapat Anda salurkan. Apabila Anda ingin menyumbang dalam bentuk uang, pihak Sedekah Barang Berkualitas pun menerimanya.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana caranya jika ingin menyumbang di sini? Anda dapat berdonasi lewat www(dot)nyumbang(dot)id atau hubungi nomor WhatsApp 0812-1159-4700. Barang-barang milik Anda pun dapat dikirim ke alamat: Jalan Purnawarman Blok A No.37 Bukit Cirendeu, Pondok Cabe, Ciputat, Tangerang Selatan.

3. Donasi Barang

Dengan tagline 'Sisa-sisa Tak Selalu Sia-sia', Donasi Barang juga menerima berbagai barang bekas yang sudah tak terpakai milik Anda namun masih bisa digunakan. Mulai dari baju, sepatu, barang elektronik, kasur, lemari, buku, dan sebagainya. Apabila Anda ingin menyalurkan barang bekas milik Anda, sebaiknya hubungi pihak Donasi Barang terlebih dulu, Moms.
Alamat: Jalan H. Ilyas No.24, RT.003/RW.012, Jaka Mulya, Kecamatan Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat, 17146
Telp/WA: 0856-9793-4766
ADVERTISEMENT

4. Lemari Bukubuku

Nah, kalau ini khusus untuk Anda yang suka membaca dan punya banyak tumpukkan buku di rumah. Ya Moms, bila Anda punya banyak buku yang sudah dibaca dan memenuhi rumah, Anda bisa mendonasikannya ke Lemari Bukubuku. Setiap buku yang Anda donasikan, nantinya akan mendapatkan gratis gambar yang akan digambarkan langsung oleh tim mereka, Moms.
Kini, Lemari Bukubuku pun sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta, Depok, Bogor, Bandung, Yogyakarta, hingga Bali. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi pihak Lemari Bukubuku via direct message Instagram @/lemaribukubuku atau 0878-1033-3930.

5. Setali Indonesia

Setali Indonesia --sebelumnya Salur Indonesia merupakan salah satu wadah penampungan pakaian bekas layak pakai yang diinisiasi oleh penyanyi jazz Andien Aisyah. Tak hanya bisa mendonasikan pakaian Anda yang sudah tak terpakai saja, tapi di Setali Indonesia Anda juga bisa membeli barang-barang bekas layak pakai dari para selebriti ataupun influencer, Moms. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa kunjungi laman www(dot)setali(dot)org atau 0877-3370-0995 (WhatsApp).
ADVERTISEMENT
Nah Moms, itulah beberapa tempat penyaluran barang bekas yang tidak terpakai. Apabila Anda mempunyai informasi seputar tempat donasi barang lainnya, silakan berbagi informasinya di kolom komentar, ya!
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020