kumparan
search-gray
Mom29 April 2020 8:56

Banyak Manfaatnya, Anak Indra Bekti Isi Waktu dengan Berkebun saat #diRumahAja

Konten Redaksi kumparan
PTR-Indra Bekti dan keluarganya
Indra Bekti dan keluarganya. Foto: Instagram/@indrabekti
Selain mendampingi anak belajar dari rumah akibat pandemi virus corona, kegiatan apalagi yang Anda lakukan bersama anak? Tentunya, banyak berbagai kegiatan positif yang dapat dilakukan.
ADVERTISEMENT
Berkebun mungkin bisa menjadi salah satu aktivitas pilihan Anda, Moms. Seperti yang dilakukan istri Indra Bekti, Aldila Jelita. Dila mengakui bahwa berkebun menjadi salah satu kegiatan yang belum pernah dilakukan anak-anaknya itu.
"Jadi ngajarin satu persatu buat ngerjain hal yang belum pernah mereka kerjain. Salah satunya bantuin kami buat beberes tanaman di rumah," tulis Dila dalam salah satu unggahan di akun Instagram pribadinya itu.
Ya, Dila memperlihatkan beberapa potret anak pertamanya, Dafania Sahira Indrabekti (7) yang tengah asyik berkebun. Mulai dari memindahkan tanaman, membuang daun pohon yang kering ke tempat sampah, dan menyirami tanaman.
Menurut penuturan sang ibu, anak perempuannya itu tak pernah mengeluh dan selalu membantu dirinya dalam berbagai hal. Wah, rajin sekali, ya, Dafania.
Indra Bekti dan keluarganya
Indra Bekti dan keluarganya. Foto: Instagram/@indrabekti
"Semoga sehat selalu buat semuanya dan virus ini cepatlah berlalu. Aamiin ya Allahumma aamiin," tutup ibu dua anak tersebut.
ADVERTISEMENT
Moms, mengajak anak berkebun rupanya merupakan salah satu cara untuk mengasah kecerdasan naturalisnya, lho! Selain itu, berkebun juga memiliki banyak manfaat penting lainnya. Apa saja?

1. Membuat anak jadi senang makan sayur dan buah

Apakah si kecil tak suka makan sayur dan buah? Mengajaknya untuk berkebun bisa jadi solusi, Moms. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak yang ikut mengambil bagian dalam proses bercocok tanam, akan cenderung senang memakan sayur dan buah yang mereka tanam sendiri.
Anak berkebun.
Anak berkebun. Foto: Thinkstock

2. Berkebun dapat bakar kalori anak

American Society for Horticultural Sciences membuktikan bahwa berkebun, membutuhkan tenaga ekstra dan mengeluarkan banyak keringat. Karenanya, pastikan anak mengganti bajunya setelah melakukan kegiatan tersebut ya, Moms. Selain itu, jangan lupa untuk minum atau sediakan botol berisi air putih agar mereka tetap terhidrasi selama berkebun.
ADVERTISEMENT

3. Berkebun membuat anak terkena bakteri baik

Tidak semua bakteri itu jahat. Tubuh manusia juga harus dipenuhi dengan bakteri baik yang berfungsi melawan bakteri jahat, seperti yang ada di tanaman dan tanah. Para peneliti telah mencatat bahwa anak-anak yang bersentuhan dengan lebih banyak mikroba baik di tanah memiliki tingkat alergi yang lebih rendah.
Anak berkebun.
Anak berkebun. Foto: Thinkstock

4. Berkebun bisa tingkatkan kesehatan mental anak

Ketika anak sedang berkebun, tubuh akan mengeluarkan hormon rasa senang atau endorfin, dan efeknya membuat tubuh rileks. Penelitian juga telah menunjukkan bahwa berkebun bisa menghilangkan stres pada anak.
Jadi, sudahkah Anda mengajak anak untuk berkebun, Moms?
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
**********
Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT