Mom
·
12 Januari 2021 9:02

Bayi Menelan Air saat Mandi, Bahaya Enggak Sih?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bayi Menelan Air saat Mandi, Bahaya Enggak Sih? (278259)
Bayi Menelan Air saat Mandi, Bahaya Enggak Sih? Foto: Freepik
Ketika memandikan bayi orang tua harus ekstra waspada. Ya Moms, jangan pernah lengah selama si kecil berada di dalam bak mandi atau di sekitar air. Kita tentu tidak ingin bayi sampai tergelincir atau jatuh misalnya.
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana dengan air yang digunakan untuk mandi? Meski sudah berhati-hati, bisa saja saat dimandikan bayi tak sengaja menelannya. Apakah bisa menjadi bahaya?

Waspada bila Bayi Menelan Air saat Mandi

Bayi Menelan Air saat Mandi, Bahaya Enggak Sih? (278260)
Waspada bila Bayi Menelan Air saat Mandi Foto: Freepik
Tidak usah panik, Moms. Dokter Anak, dr. Tanya Remer Altmann, dan juga editor The Wonder Years: Helping Your Baby and Young Child Successfully Negotiate the Major Developmental Milestones, mengatakan bahwa dia tidak pernah melihat bayi jadi sakit karena minum air mandi.
Namun menurut dr. Tanya, minum air mentah atau air sabun dapat menyebabkan bayi sakit perut. Begitu juga bila menelan terlalu banyak air, bayi bisa mengalami muntah atau sakit.
Hal tersebut dialami oleh seorang ibu bernama Katie Gorter. Katie mengatakan lewat laman Facebook pribadinya bahwa bayinya sakit usai minum air mandi terlalu banyak. Akhirnya bayinya dibawa ke UGD karena terlihat lesu, muntah, dan kesulitan bernapas.
ADVERTISEMENT
“Saat diperiksa di UGD, ternyata dia memiliki begitu banyak air sehingga mengompres paru-parunya,” ujar Katie seperti dikutip dari Babyology.
Tetapi mengutip Babycenter, hal yang dialami Katie tersebut jarang terjadi karena biasanya bayi akan memuntahkan air yang rasanya tidak enak. Sehingga, jika Anda khawatir si kecil meminum air mandi, coba alihkan perhatiannya dengan memberikan mainan seperti karet bebek Moms.
Jika si kecil sudah telanjur minum air mandi, perhatikan reaksinya, jika dia terlihat lesu, muntah-muntah, kulitnya biru karena sulit bernapas, hingga perutnya terlihat kesakitan. Lebih baik langsung bawa bayi ke dokter atau rumah sakit segera.