Mom
·
1 Mei 2021 19:30

Bayi Sering Bangun saat Tidur Malam, Normal Enggak Ya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bayi Sering Bangun saat Tidur Malam, Normal Enggak Ya? (93586)
Bayi Sering Bangun saat Tidur Malam, Normal Enggak Ya? Foto: Freepik
Tidur malam yang nyenyak sangat penting untuk kesehatan bayi. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang khawatir tumbuh kembang bayi bisa terganggu apabila si kecil kerap terbangun di malam hari.
ADVERTISEMENT
Moms, sebelumnya Anda harus paham dulu bahwa sebenarnya bangun di malam hari cukup umum dialami oleh bayi dan balita. Mengutip Sciencedirect, seperempat orang tua yang memiliki anak di bawah usia lima tahun melaporkan bahwa si kecil mengalami masalah tidur.
Nah Moms, untuk mengatahui normal atau tidak bila bayi Anda kerap bangun di malam hari, sebaiknya simak penjelasan di bawah ini.

Penjelasan soal Normal atau Tidak Bila Bayi Sering Bangun di Malam Hari

Bayi Sering Bangun saat Tidur Malam, Normal Enggak Ya? (93587)
Bayi Sering Bangun saat Tidur Malam, Normal Enggak Ya? Foto: Freepik
Bayi baru lahir memang normal jika sering terbangun di malam hari, karena ia merasa lapar. Namun, setelah berusia empat bulan, bayi biasanya sudah punya pola tidur yang lebih teratur, sehingga bisa tidur lebih lama di malam hari.
Namun, jika si kecil sudah menyusu dengan benar dan tetap terbangun di malam hari, maka Anda harus mencoba untuk mencari akar penyebabnya.
ADVERTISEMENT
Salah satu penyebabnya bisa karena ketidaknyamanan, apalagi jika bayi tidak bisa tidur lebih dari 2-3 jam berturut-turut dan bangun sambil menangis. Sehingga, perhatikan baik-baik saat bayi terjaga, apakah ada benjolan atau memar di tubuhnya yang membuatnya kesakitan atau tidak nyaman.
Mengutip Mom Junction, kolik juga bisa menyebabkan bayi tidak bisa tidur dengan nyenyak, karena perutnya dipenuhi banyak gas. Ditambah jika lingkungan rumah Anda bising, bisa karena truk yang lewat atau tidak sengaja membanting pintu kamar bayi.
Kemudian, perhatikan juga apakah bayi mengalami infeksi atau penyakit yang membuatnya selalu bangun setiap jam ketika tidur. Tumbuh gigi dan tonggak perkembangan juga menjadi salah satu faktor bayi selalu terbangun.
Jika waktu tidur bayi yang tidak teratur ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, maka ini akan menjadi kebiasaan dan bayi akan sering terbangun di malam hari. Sehingga, Anda harus segera mengubah pola tidur si kecil, Moms.
ADVERTISEMENT

Tips Untuk Membantu Bayi Tidur Lebih Lama di Malam Hari

Bayi Sering Bangun saat Tidur Malam, Normal Enggak Ya? (93588)
Bayi Sering Bangun saat Tidur Malam, Normal Enggak Ya? Foto: Freepik
Moms, usahakan bayi untuk tidur teratur dan jika bisa jangan sampai sering bangun di malam hari, apalagi jika sudah berusia 4 bulan ke atas. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk membuat tidur bayi lebih teratur.
  • Pastikan bayi Anda kenyang sebelum menidurkannya di malam hari.
  • Membuat rutinitas sebelum tidur supaya bayi rileks, sehingga si kecil bisa tidur tanpa banyak rewel dan tertidur lebih lama.
  • Buat white noise, yakni suara yang bisa membuat bayi lebih tidur nyenyak, Anda bisa membuat white noise dari kipas angin atau menyetelnya dari YouTube.
  • Ajarkan bayi cara menenangkan diri untuk tidur kembali saat mereka bangun di tengah malam.
  • Atur waktu tidur siang, jangan terlalu lama atau sebentar, karena hal itu akan memengaruhi kualitas tidur bayi di malam hari.
  • Ciptakan suasana yang menenangkan.
  • Hindari menidurkan bayi sambil digendong, karena akan membuat si kecil bangun saat ditidurkan.
  • Cek popoknya, apakah basah atau tidak. Segera ganti jika memang popok bayi sudah penuh.
ADVERTISEMENT