kumparan
13 Juli 2018 10:29

Begini, Gambaran Fisik Bayi yang Baru Lahir

Ilustrasi bayi baru lahir
Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Thinkstock)
Sebagai orang tua baru, pasti Anda tidak sabar ingin segera mendengar teriakan pertamanya dan melihat si kecil yang dinanti selama ini. Sayangnya, bayangan Anda selama ini tentang bayi baru lahir yang lucu, bersih, dan sambil mengatupkan mata menggoda Anda, seperti yang mungkin sudah Anda bayangkan selama ini tidaklah ditemukan.
ADVERTISEMENT
Faktanya, bayi yang baru lahir akan basah, lengket, berlumur darah disertai dengan bentuk fisiknya belum sempurna. Inilah gambaran bentuk fisik bayi baru lahir yang sebenarnya, Moms.
Kepala
Bayi baru lahir.
Bayi baru lahir. (Foto: Thinkstock)
Umumnya bayi yang baru dilahirkan secara normal atau dengan bantuan alat vakum, kepalanya akan terlihat peyang atau sedikit runcing dengan wajah seperti lebam. Hal ini dikarenakan bayi telah melalui lubang sempit vagina. Bentuk kepala ini akan kembali normal dalam 1 hingga 2 mingu pasaca ia dilahirkan.
Kondisi ini berbeda dengan bayi yang dilahirkan secara caesar. Bayi yang melalui operasi bedah bentuk kepalanya terlihat lebih bulat dibandingkan bayi yang dilahirkan secara normal.
Tangan dan Kaki
Tangan dan kakinya akan terlihat agak meringkuk atau bengkok, karena masih terbawa saat ia mesti menyesuaikan tubuhnya ketika berada di dalam rahim yang kian terasa sempit. Kira-kira selama dua minggu ke depan, tangan dan kaki si kecil akan meregang lurus.
ADVERTISEMENT
Perut
Ilustrasi bayi baru lahir
Ilustrasi bayi baru lahir. (Foto: Thinkstock)
Biasanya perut bayi baru lahir akan terlihat miring ke satu sisi pada minggu pertamanya. Ini karena otot-otot di area perut belum kuat menopang organ-organ bayi. Tapi, akan kembali menggemuk sama pada dua sisi pada minggu kedua.
Rambut
Warna dan bentuk rambut bayi baru lahir bisa sangat berbeda dengan kedua orang tuanya. Kondisi ini kian berubah sering dengan tumbuh kembangnya.
Mata
Terkadang mata bayi baru lahir terdapat titik-titik merah pada bagian putihnya. Hal ini disebabkan akibat taruma melahirkan atau dalam istilah medis dikenal dengan subconjungtival. Penyebabnya, pembuluh darah kecil di mata pecah. Sekilas memang telihat menakutkan, tapi ini tidak berbahaya dan akan hilang dalam beberapa hari.
Adapula kondisi mata bayi yang terus berair dan kotor. Ini karena saluran air mata bayi belum benar-benar terbuka.
ADVERTISEMENT
Telinga
Selain lunak dan lembut, telinga bayi baru lahir akan tampak bengkok. Telinga akan lebih mengeras dan tampak lebih tegak seiring mengerasnya jaringan tulang rawan pada telinganya.
Hidung
Terlihat bengkak akibat tekanan selama proses keluar dari vagina, bahkan bisa agak datar tertekan ke dalam. Tapi jangan khawatir, Moms, kondisi ini normal dan tidak berbahaya. Hal ini dikarenakan lubang hidungnya akan melebar dalam beberapa saat setelah lahir.
Ilustrasi bayi baru lahir
Ilustrasi bayi baru lahir (Foto: Thinkstock)
Kulit
Kulit bayi baru lahir sangat bervariasi. Tergantung lamanya proses kehamilan. Untuk bayi yang lahir secara prematur, kulitnya terlihat lebih tips dan transparan. Pada kulit bayi baru lahir juga tampak lanugo, yaitu rambut-rambut tipis di tubuh dan lapisan lemak putih yang disebut vernix. Lemak ini berfungsi sebagai pelindung kelembutan kulit bayi selama di dalam rahim.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan