Mom16 September 2020 9:12

Benang Jahitan Operasi Caesar Keluar, Berbahayakah?

Konten Redaksi kumparan
Benang Jahitan Operasi Caesar Keluar, Berbahayakah? (622806)
Ilustrasi bekas jahitan operasi caesar. Foto: Shutter Stock
Setelah melahirkan lewat operasi caesar, akan ada bekas sayatan di bagian perut. Perlu diingat Moms, bekas sayatan tersebut harus dirawat dengan sebaik mungkin. Sebab jika tidak, bisa saja Anda akan mengalami infeksi bahkan bengkak di area tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun dalam beberapa kasus, tak sedikit ibu yang merasa khawatir terkait benang jahitan operasi caesarnya yang keluar tak lama setelah melahirkan. Apakah hal ini berbahaya?
Benang Jahitan Operasi Caesar Keluar, Berbahayakah? (622807)
Ilustrasi bekas jahitan operasi caesar. Foto: Shutter Stock

Kata Dokter soal Benang Jahitan Operasi Caesar Keluar

dr. Merwin Tjahjadi, SpOG, M.Sc, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan menjelaskan bahwa benang jahitan bekas luka operasi caesar yang keluar itu biasanya tak berbahaya. Mengapa demikian? Karena benang yang terlihat keluar dari bekas operasi tersebut adalah benang yang digunakan untuk penjahitan kulit saja.
Selain itu, umumnya terdapat dua jenis benang yang digunakan pada saat ibu melahirkan melalui operasi caesar: benang yang diserap dan benang yang tidak dapat diserap oleh tubuh. Nah, pada jenis benang yang tidak diserap oleh tubuh ini biasanya akan dilakukan pengangkatan atau pelepasan benang. Sementara untuk jenis benang yang dapat diserap oleh tubuh, tak perlu dilakukan pengangkatan benang.
ADVERTISEMENT
"Benang jahitan operasi caesar yang keluar atau menonjol biasanya akan dibuang oleh dokter. Namun, bila tidak dibuang akan terlepas dengan sendirinya setelah luka menutup sempurna," ujarnya kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.
Kondisi keluarnya benang jahitan operasi caesar ini, lanjut dokter yang juga berpraktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan ini, adalah sisa benang yang tidak diserap oleh tubuh. Menurutnya, ini adalah hal yang wajar dan sering terjadi dan tidak perlu penanganan khusus, Moms.
Benang Jahitan Operasi Caesar Keluar, Berbahayakah? (622808)
Benang Jahitan Operasi Caesar Keluar, Berbahayakah? Foto: Shutter stock

Penyebab Benang Jahitan Operasi Caesar Keluar

dr. Merwin kembali menuturkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan benang jahitan operasi caesar keluar. Di antaranya:
- Jenis benang yang digunakan.
- Reaksi tubuh terhadap benang.
- Cara perawatan luka.
ADVERTISEMENT
Maka seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda harus merawat bekas sayatan operasi caesar itu dengan sebaik mungkin hingga luka jahitan mengering sekitar 1-2 minggu.
Perlu diketahui juga, luka pada jaringan dalam akan sembuh sempurna sekitar 3-6 bulan, Moms. Namun hal ini kembali lagi tergantung dari kedalaman luka, panjang luka, cara perawatan, hingga asupan yang Anda konsumsi.
Untuk membantu proses pemulihan luka menjadi lebih cepat, Anda disarankan untuk konsumsi makanan yang bergizi. Selain itu, hindari aktivitas fisik yang berat seperti mengangkat beban dan istirahat yang cukup. Untuk itu, tetap konsultasikan ke dokter terkait luka operasi caesar Anda dan jenis benang yang digunakan. Sehingga Anda tak perlu cemas berlebihan karena sudah mengetahui penanganannya dengan tepat.
ADVERTISEMENT
Namun, apabila Anda mengalami demam disertai keluar nanah di sekitar bekas operasi caesar, sebaiknya segera ke dokter untuk tindakan lebih lanjut.