Mom16 September 2020 12:19

Benarkah Biji Adas Bisa Jadi ASI Booster untuk Ibu Menyusui?

Konten Redaksi kumparan
Benarkah Biji Adas Bisa Jadi ASI Booster untuk Ibu Menyusui? (786)
Ilustrasi ibu menyusui minum teh biji adas untuk ASI booster. Foto: Shutterstock
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan proses menyusui, salah satu yang dipercaya adalah dengan mengonsumsi ASI booster. Ya Moms, ada beberapa makanan yang diyakini bisa meningkatkan produksi ASI, misalnya saja biji adas. Pernah dengar sebelumnya?
ADVERTISEMENT
Biji adas termasuk jenis rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Soal rasa, biji adas memiliki rasa manis dan sedikit pedas. Lantas, apa saja manfaatnya?

Manfaat Biji Adas sebagai ASI Booster untuk Ibu Menyusui

Benarkah Biji Adas Bisa Jadi ASI Booster untuk Ibu Menyusui? (787)
Ilustrasi teh biji adas Foto: Shutter Stock
Dilansir Parenting First Cry, biji adas termasuk golongan galactagogue atau zat yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Kandungan fitoestrogen yang mirip dengan hormon estrogen dipercaya mampu melancarkan ASI, Moms.
Selain itu, dikutip dari Verywell Family biji adas juga mampu melancarkan sistem pencernaan, mengobati sakit perut, mengatasi sakit tenggorokan karena batuk, meningkatkan metabolisme hingga membantu menurunkan berat badan.

Syarat Konsumsi Biji Adas

Benarkah Biji Adas Bisa Jadi ASI Booster untuk Ibu Menyusui? (788)
Ilustrasi Biji Adas. Foto: PublicDomainPictures
Meski punya segudang manfaat, namun bila Anda menderita epilepsi, kanker, diabetes dan alergi, sebaiknya jangan mengonsumsi biji adas. Ya, saat menyusui, Anda juga jangan mengonsumsi biji ada berlebihan, Moms.
ADVERTISEMENT
Anda bisa mengonsumsi biji adas dengan menambahkan 1 sampai 3 sendok teh biji adas ke dalam cangkir berisi air panas, lalu diamkan selama 10 menit dan saring bijinya. Anda juga menambahkan biji adas ke dalam resep makanan atau mengkonsumsinya secara mentah.
Ada baiknya juga, Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi tanaman herbal seperti biji adas untuk memastikan keamanannya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white