Mom
·
13 November 2019 10:24

Berapa Banyak Kebutuhan Asam Folat di Trimester Kedua Kehamilan?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berapa Banyak Kebutuhan Asam Folat di Trimester Kedua Kehamilan? (273162)
Ilustrasi ibu hamil trimester kedua. Foto: Shutterstock
Di trimester kedua kehamilan, ibu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi tinggi. Hal itu penting karena bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. Salah satunya nutrisi yang dibutuhkan adalah asam folat.
ADVERTISEMENT
Ya Moms, vitamin yang larut air ini merupakan bentuk sintetis dari vitamin B9. Asam folat punya peran penting dan segudang manfaat baik untuk ibu maupun janin di dalam kandungan.
Asam folat dapat membantu tubuh ibu hamil memproduksi dan mempertahankan sel baru akibat kehamilan. Selain itu, asam folat juga bisa mencegah anemia serta mencegah timbulnya kanker, Moms.
Berapa Banyak Kebutuhan Asam Folat di Trimester Kedua Kehamilan? (273163)
perut ibu hamil Foto: Shutterstock
Sedangkan untuk bayi di dalam kandungan, asam folat dapat membantu mencegah cacat lahir seperti spina bifida, mengurangi risiko jantung bawaan serta menghindari bayi lahir kurang bulan alias prematur. Asam folat juga berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan yang memengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.
“Asam folat ini sangat populer karena setelah ditemukan suplementasi asam folat maka risiko sakit neural tube defect menurun sampai 70 persen,” kata dr Bram Pradipta, SpOG MARS, saat memaparkan materinya dalam acara Moms Mingle di J-Zone, Pondok Gede, Bekasi, pada Minggu (10/11).
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, dr Bram menjelaskan, ibu hamil di trimester kedua sampai ketiga membutuhkan 600 mcg asam folat setiap harinya. “(Kemudian) untuk menyusui butuh 500 mcg. (Jadi) bukan sudah lahiran sudah tidak perlu lagi asam folat, kita tetap membutuhkannya,” tambahnya.
Berapa Banyak Kebutuhan Asam Folat di Trimester Kedua Kehamilan? (273164)
Bayam Foto: Pixabay
Sumber asam folat bisa Anda temukan dari berbagai jenis makanan, seperti sawi hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, bayam, buah bit merah, seledri, susu dan telur. Agar lebih maksimal, proses memasak sayur jangan terlalu panas, lama dan lebih baik bila sayuran ditumis atau dijadikan lalap dengan syarat dicuci bersih menggunakan air mengalir, Moms. Jika dibutuhkan, dokter biasanya akan memberikan suplemen asam folat.
Saking pentingnya, dr Bram juga menyarankan agar asam folat terus dikonsumsi bahkan saat ibu sedang merencanakan program hamil. Ya Moms, di awal kehamilan, ibu biasanya belum sadar dirinya hamil. Padahal, di minggu awal kehamilan asam folat penting untuk pertumbuhan sel otak janin dan proses penutupan tabung selaput saraf otak.
ADVERTISEMENT