kumparan
24 Juli 2018 11:39

Berapa Jam Dalam Sehari Anak Boleh Main Gadget?

Anak akrab dengan gadget. (Foto: Freepik)
Anak yang fasih bermain dan mengoperasikan gadget, tentu bukanlah pemandangan yang baru. Tak salah memang bila orang tua mengenalkan dan memberikan gagdet pada si kecil, sebab ini memang zamannya digital.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, bukan berarti orang tua akan membebaskan anak bermain gadget tanpa jeda, Anda dapat secara tegas membatasi waktunya penggunaannya dalam sehari, demi menghindari dampak buruk akibat bermain gadget di masa mendatang.
Berikut adalah rekomendasi lamanya waktu penggunaan gadget sesuai usia anak, seperti yang disarankan inisiator 'Semua Murid Semua Guru', Najeela Shihab. Hal ini disampaikan oleh Najeela dalam acara Bincang Shopee pada hari Sabtu, di Ariobimo Plaza, Jakarta, Sabtu (21/7).
Dibawah 18 Bulan
Menurut Najeela, anak yang masih berusia dibawah 18 bulan sebaiknya tidak perlu dibiasakan menggunakan gadget terlebih dahulu, Moms, sebab usianya masih terlalu dini untuk dikenalkan dengan teknologi, kecuali video call sebagai sarana komunikasi dengan orang tua ataupun anggota keluarga yang berjauhan.
ADVERTISEMENT
18-24 Bulan
Sah-sah saja bila Anda dan pasangan sudah sepakat untuk mengenalkan gadget pada anak pada usia 18 hingga 24 bulan. Sebelum memberikannya pada si kecil, pastikan Anda sudah memilih program yang berkualitas serta sesuai tahap perkembangannya. Selalu dampingi dan pantau anak ketika bermain gadgetnya ya, Moms.
Dampingi anak saat bermain gadget (Foto: Thinkstock)
3-5 Tahun
Pada usia ini, maksimal anak hanya diperbolehkan bermain gadget selama 1 jam per hari. Pastikan juga apa yang sedang ia mainkan atau tonton dengan usianya. Dan jangan lupa secara rutin memantau gadgetnya untuk mengecek apakah yang ditontonnya sesuai dengan tahap perkembangannya atau tidak. Bantu juga ia memahami berbagai hal yang dilihatnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
6 Tahun
Memasuki usia 6 tahun, anak dapat bermain gadget selama 2 jam dalam sehari. Terapkan waktu ini secara konsisten padanya agar ia disiplin. Pastikan pola tidur dan makannya tidak terganggu akibat bermain gadget. Dan jangan lupa untuk rutin memperhatikan postur tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan