kumparan
search-gray
Mom28 Juli 2020 9:04

Berbagai Tanda Hamil Bayi Laki-Laki, Mana yang Bisa Dipercaya?

Konten Redaksi kumparan
Berbagai Tanda Hamil Bayi Laki-Laki, Mana yang Bisa Dipercaya? (374550)
tanda hamil bayi laki-laki dilihat dari USG Foto: Shutterstock
Bagaimana cara mengetahui tanda hamil bayi laki-laki atau perempuan? Yang paling mungkin sih, menunggu alat kelamin bayi mulai berkembang sekitar minggu 11 kehamilan lalu melihatnya dengan pemeriksaan USG 4 dimensi. Itu pun, belum pasti, Moms. Ada kalanya, alat kelamin bayi tidak terlihat saat pemeriksaan USG 4 dimensi.
ADVERTISEMENT
Tak heran kalau banyak orang tua yang tetap penasaran dengan jenis kelamin bayi di dalam kandungan. Rasa tak sabar juga kerap membuat mereka mencoba 'membaca' jenis kelamin bayi dari berbagai tanda.
Mual parah, perut lonjong, ngidam makanan yang serba asin sampai wajah ibu hamil yang mulus tanpa jerawat kerap dipercaya sebagai tanda hamil bayi laki-laki.
Mana ya, yang bisa dipercaya? Yuk Moms, kita bahas satu per satu:

Mual Parah Tanda Hamil Bayi Laki-laki

Berbagai Tanda Hamil Bayi Laki-Laki, Mana yang Bisa Dipercaya? (374551)
Mual parah sering dipercaya merupakan tanda hamil bayi laki-laki Foto: Shutterstock
Ini mitos, Moms! Yang benar adalah bahwa rasa mual yang umum terjadi di trimester pertama kehamilan dapat bervariasi antara satu wanita dan wanita lainnya maupun dari satu kehamilan dan kehamilan lain yang Anda lalui --terlepas dari jenis kelamin bayi yang dikandungnya.
ADVERTISEMENT

Perut Lonjong Tanda Hamil Bayi Laki-laki

Berbagai Tanda Hamil Bayi Laki-Laki, Mana yang Bisa Dipercaya? (374552)
Tanda hamil bayi laki-laki dikaitkan dengan bentuk perut Foto: Shutterstok
Wanita hamil yang bentuk perutnya lonjong seperti telur, artinya bayinya laki-laki. Kalau bulat lebar seperti semangka, bayinya perempuan. Tapi ini juga hanya mitos.
Bagaimana bentuk perut Anda saat hamil lebih berkaitan dengan bentuk rahim dan otot perut Anda. Untuk memahami lebih jauh tentang bentuk perut ibu hamil, Anda dapat membacanya di artikel berikut ini:

Ibu Hamil Ngidam, Yang Asin-Asin, Tanda Hamil Bayi Laki-laki

Kalau hamil anak laki-laki, Anda akan mengidam makanan asin dan gurih seperti gorengan dan keripik kentang. Tapi sebenarnya, tidak ada studi konklusif yang membuktikan hal ini.
Penjelasan dokter tentang sebab-sebab ibu hamil alami ngidam dapat Anda baca di sini.
ADVERTISEMENT

Wajah Mulus Tanda Hamil Bayi Laki-laki

Berbagai Tanda Hamil Bayi Laki-Laki, Mana yang Bisa Dipercaya? (374553)
tanda hamil bayi laki-laki dikaitkan dengan kondisi kulit wajah ibu Foto: Dok. Shutter stock
Beberapa orang percaya bahwa kalau hamil anak laki-laki, Anda tidak akan terlalu berjerawat. Kulit wajah Anda akan tetap bercahaya dan mulus selama kehamilan. Kisah serupa juga banyak dikatakan terkait pertumbuhan rambut. Katanya kalau hamil anak laki-laki, rambut Anda akan lebih cepat panjang, bervolume dan bercahaya.
Namun, tidak ada bukti ilmiah yang dapat mendukung kebenaran dua hal ini. Hormon wanita hamil memang jadi tak menentu dan ini memengaruhi semua wanita secara berbeda.
Berbagai Tanda Hamil Bayi Laki-Laki, Mana yang Bisa Dipercaya? (374554)
Tanda Hamil Bayi Laki-laki dikaitkan dengan detak jantung ibu hamil Foto: Thinkstock

Denyut Jantung Ibu Di Atas 140, Tanda Hamil Bayi Laki-laki

Ada yang bilang, jika denyut jantung ibu hamil per menit di bawah 140, bayi yang dikandungnya laki-laki. Lebih tinggi dari 140, tanda hamil bayi perempuan. Sayangnya, meski pernyataan ini terdengar lebih ilmiah, tidak ada kebenaran yang kuat juga di baliknya. Yang benar, tidak ada perbedaan bermakna antara detak jantung anak laki-laki dan perempuan di awal kehamilan.
ADVERTISEMENT
---
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu sesama. Yuk, bantu donasi sekarang!
***
Saksikan video menarik di bawah ini.