Mom
·
13 Oktober 2020 13:42

Biarkan Anak Main Hujan Seperti yang Zaskia Adya Mecca Lakukan, Yes or No?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Biarkan Anak Main Hujan Seperti yang Zaskia Adya Mecca Lakukan, Yes or No? (100625)
Zaskia Adya Mecca biarkan anak main hujan Foto: Instagram @zaskiadyamecca
Saat musim hujan tiba, umumnya orang tua melarang anak mereka main hujan karena takut sakit. Ya, mereka khawatir hujan akan membuat anak terserang penyakit seperti pilek, demam, hingga diare. Namun, lain halnya dengan salah satu selebriti Tanah Air sekaligus ibu dari lima anak Zaskia Adya Mecca. Istri dari Hanung Bramantyo ini ternyata malah tak melarang anak-anaknya itu bermain hujan!
ADVERTISEMENT
Dapat dilihat dari salah satu unggahan di Instagram pribadinya, Zaskia tampak mengabadikan momen anak-anaknya main hujan di rumahnya. Ibu berusia 33 tahun ini pun ikut merasa senang melihat anak-anaknya bermain hujan-hujanan.
"Ritual main hujan dari cuma lari-larian, tembak-tembakan air, Bhre jadiin talang air macam shower, garasi disabunin (maya sekalian cuci garasi) terus buat tempat seluncuran?! Sampai keluar semua mainan ada yang rendeman di container pula. Meriaaah!!" tulis Zaskia Adya Mecca dalam keterangan videonya itu.
Meskipun begitu, selepas bermain hujan, ia melakukan berbagai cara agar anak-anaknya tak masuk angin ataupun sakit. Setelah hujan, anak-anaknya pun diminta untuk mandi, mengeringkan rambut, minum teh hangat, dan makan nasi pakai bakso kuah. Nikmatnya, ya, Moms.
ADVERTISEMENT
"Masya Allah, Alhamdulillah," tutupnya.
Biarkan Anak Main Hujan Seperti yang Zaskia Adya Mecca Lakukan, Yes or No? (100626)
Kegembiraan anak mandi hujan Foto: Shutterstock

Anak Main Hujan, Apakah Aman?

Melihat anak-anak Zaskia Adya Mecca main hujan tampaknya memang asyik dan seru, ya, Moms. Tapi kembali lagi apakah anggapan main hujan bisa bikin anak sakit alias bahaya untuk kesehatan anak, benar atau enggak, ya?
Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya bukan hujan yang membuat anak sakit, melainkan sistem imun yang lemah. Sehingga, bermain hujan sebenarnya tak jadi masalah bila si kecil dalam kondisi tubuh yang fit.
Namun memang ada yang perlu diwaspadai dari air hujan. Misalnya saja, air hujan yang jatuh ke tanah membuat bakteri dan virus naik ke udara. Jadi, anak yang bermain hujan berisiko terekspos bakteri dan virus ini jika daya tahan tubuhnya sedang buruk.
ADVERTISEMENT
Kuman juga bisa datang dari air kotor, bukan air hujan. Jika anak main air hujan yang turun melalui atap rumah dan sudah tercampur dengan berbagai kotoran, bisa saja anak jadi sakit.
Biarkan Anak Main Hujan Seperti yang Zaskia Adya Mecca Lakukan, Yes or No? (100627)
Bukan hujan yang membuat anak sakit setelah bermain Foto: Shutterstock

Manfaat Main Hujan untuk Anak

Jadi jika kondisi tubuh anak sedang fit, sesekali biarkan anak mencoba sensasi bermain hujan, Moms. Ada manfaat yang bisa didapat si kecil lho!
Main hujan dapat mendekatkan anak kepada alam. Hal ini bisa membuat tubuhnya beradaptasi dan lebih kuat. Saat bermain hujan, tubuh anak akan berupaya mengimbangi perubahan suhu yang drastis. Artinya bila sesekali main hujan, tubuh anak akan terlatih sehingga lebih mampu beradaptasi dengan suhu dingin. Hal ini membuat daya tahan tubuhnya lebih baik.
ADVERTISEMENT
Jadi sekali lagi, selama Anda yakin sistem imun si kecil sedang dalam kondisi prima, tak ada salahnya mengizinkannya main hujan. Pastikan saja hujannya tidak terlalu besar (tanpa angin atau petir) yang bisa membahayakan anak. Selain itu, awasi anak saat bermain hujan dan jangan biarkan anak bermain terlalu lama.
Setelah bermain, Anda pun dapat mengikuti cara yang dilakukan Zaskia Adya Mecca, Moms. Atau cara lainnya, Anda bisa segera keringkan tubuh anak dengan handuk dan mintalah anak mandi dengan air hangat serta sajikan segelas susu hangat untuknya.