kumparan
4 Mei 2018 14:21

Bila Kakak Cemburu karena Perhatian Orang Tua pada Adik

Ilustrasi si Kakak cemburu.
Ilustrasi si Kakak cemburu. (Foto: Thinkstock)
Anda saat ini adalah ibu dari dua orang anak. Si kakak balita dan adik batita. Namun, Anda sedang dipusingkan dengan suatu kondisi ketika si kakak cemburu karena perhatian Anda terhadap adik.
ADVERTISEMENT
Ya, si kakak seringkali menganggu adiknya, mencari perhatian ketika Anda sedang bersamanya, dan menunjukkan tingkah yang seolah tidak ingin kalah apapun dari adiknya. Padahal sebagai orang tua, Anda sebenarnya merasa sudah berlaku seadil mungkin terhadap mereka.
Tenang Moms, jika kondisi tersebut terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa cara berikut ini:
Libatkan Kakak
Ajaklah si kakak untuk turus serta merawat adiknya. Misalnya, membantu Anda menggantikan popok adik, mengambilkan sabun mandi dan memandikan adik, atau apapun aktivitas yang bisa Anda dan dua anak Anda lakukan bersama, Moms.
Anak menangis
Anak menangis (Foto: THINKSTOCK)
Jangan Asik Sendiri
Perasaan si kakak sedang sensitif, maka jangan sampai Anda asik sendiri dan mengabaikan perasaan kakak. Rangkul ia juga Moms.
Anda bisa berkomunikasi dengan suami untuk merayakan keseruan bersama seluruh anggota keluarga. Sekadar bercanda tawa bersama di ruang tamu sambil menonton TV misalnya.
ADVERTISEMENT
Ungkapkan Sayang
Jangan ragu untuk mengungkapkan sayang Anda pada si kakak. Peluk erat dan cium ia untuk memperkuat perasaan Anda. Anda bisa mengatakan, “Kakak, mama sama papa itu sayang banget sama kakak dan adik. Tidak ada yang mama beda-bedakan”.
Family Time
com-Keluarga Jalan-Jalan
com-Keluarga Jalan-Jalan (Foto: Thinkstock)
Sesibuk apapun Anda dan suami, jangan lupa meluangkan waktu bersama keluarga ya, Moms. Tidak harus liburan jauh, cukup menikmati family time yang berkualitas penuh cinta bersama anak-anak Anda.
Berdua Dengan Kakak
Sesekali, cobalah untuk meluangkan waktu hanya bersama si kakak. Ajaklah ia mengobrol atau menikmati apa yang ia suka. Hanya berdua. Siapa tahu si kakak memang merindukan momen di mana perhatian orang tua hanya tertuju padanya, Moms.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan