Mom
·
4 Desember 2020 9:00

Bolehkah Bayi Difoto Pakai Flash?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Bayi Difoto Pakai Flash? (164255)
Ilustrasi bayi difoto menggunakan flash. Foto: Getyy Images
Memotret tingkah lucu bayi menggunakan kamera memang mengasyikkan. Apalagi di era serba internet seperti saat ini, ibu bisa membagikan momen bersama bayi ke media sosial. Termasuk saat ada pencapaian perkembangan bayi yang perlu dijadikan kenangan.
ADVERTISEMENT
Tapi bicara soal foto-foto, bagaimana dengan penggunaan flash? Apakah bayi boleh difoto menggunakan flash? Sebelum mengarahkan kamera atau smartphone Anda pada si kecil, coba baca dulu sampai habis artikel ini.
Bolehkah Bayi Difoto Pakai Flash? (164256)
Bayi Foto: piqsels

Bisakah Bayi Buta Akibat Flash Kamera?

Di China pada 2015 lewat pemberitaan yang diterbitkan People’s Daily, ada bayi berusia tiga bulan yang klaimnya menjadi buta usai difoto menggunakan flash kamera. Namun, klaim tersebut langsung dibantah oleh dr. Alex Levin, Kepala Dokter Anak dan Ahli Genetika Mata di Philadelphia’s Will’s Eye Hospital.
Menurut dr. Alex, tidak mungkin flash kamera menyebabkan kebutaan. Hal ini juga senada seperti yang disampaikan dr. Clare Wilson, Dokter Spesialis Mata Anak dari London Eye Hospital, dikutip Made for Mums, dia juga belum pernah mendengar atau melihat dalam rekam jejak medisnya ada bayi yang menjadi buta karena flash kamera.
ADVERTISEMENT
Kita juga perlu tahu, di luar dari kasus tersebut di atas, memang ada banyak perdebatan selama bertahun-tahun tentang efek flash kamera pada mata bayi, apalagi yang baru lahir. Banyak orang percaya bahwa organ bayi baru lahir rentan terhadap sumber cahaya yang kuat.
Bolehkah Bayi Difoto Pakai Flash? (164257)
Bayi Foto: Pixabay

Menurut Ahli soal Bayi Difoto Menggunakan Flash

dr. Arti Sharma, seorang dokter anak dari India, lewat tulisannya di FirstCry Parenting menjelaskan, eksposur sumber cahaya yang kuat ke mata bayi memang bisa merusak penglihatan si kecil. Meski demikian, penelitian lebih luas terus dilakukan dan setelah diamati diketahui kalau flash kamera tidak mempengaruhi bayi sama sekali.
Ya Moms, flash kamera sama seperti sumber cahaya lain, seperti lampu atau sinar matahari langsung. Memang akan menyilaukan mata bayi selama beberapa detik, tapi tidak akan membahayakan penglihatannya.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, ada catatan penting Moms, flash kamera sebaiknya tidak digunakan untuk memotret bayi di ruangan yang benar-benar gelap atau dalam kondisi cahaya yang redup.
Alasannya, karena hal tersebut menciptakan efek kilat yang menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan selama beberapa detik akibat retina yang tertekan.
Jadi boleh-boleh saja menggunakan flash kamera untuk memotret bayi, Moms. Namun perlu diingat, jangan memotretnya di tempat yang gelap dan redup ya agar mata si kecil tetap sehat.