Mom
·
15 September 2021 17:04
·
waktu baca 2 menit

Bolehkah Ibu Menyusui Diberi Vaksin Moderna?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Ibu Menyusui Diberi Vaksin Moderna? (1022467)
searchPerbesar
Bolehkah Ibu Menyusui Diberi Vaksin Moderna? Foto: Shutter Stock
Virus corona dapat menyerang siapa saja, termasuk ibu menyusui. Untuk itu, pemberian vaksinasi COVID-19 pada ibu menyusui pun sangat direkomendasikan. Hal ini sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada Februari lalu.
ADVERTISEMENT
"Ibu menyusui dapat diberikan vaksinasi," tulis Kemenkes dalam suratnya.
Untuk saat ini sendiri sudah ada empat merek vaksin yang masuk ke Indonesia. Vaksin tersebut adalah Sinovac, AstraZeneca, Sinopharm, Pfizer, dan Moderna. Vaksin Moderna pun hingga saat ini menjadi salah satu vaksin yang dinantikan masyarakat. Sebab, vaksin berbasis messenger RNA (mRNA) ini disebut memiliki tingkat efikasi yang tinggi menangkal corona sebesar 90 persen.
Lantas, apakah ibu menyusui boleh diberi vaksin Moderna?

Penjelasan soal Boleh Tidaknya Ibu Menyusui Diberi Vaksin Moderna

Bolehkah Ibu Menyusui Diberi Vaksin Moderna? (1022468)
searchPerbesar
Ilustrasi vaksin Moderna. Foto: Dado Ruvic/REUTERS
Selain Sinovac dan Pfizer, ibu menyusui rupanya juga bisa mendapatkan vaksin Moderna. Hal tersebut tertera dalam surat nomor 8561/-1.772.1 yang diteken oleh Dinkes DKI Jakarta.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa vaksinasi Moderna dapat digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Namun sebelumnya, tentu akan ada screening tentang kondisi kesehatan ibu menyusui/hamil sebelum divaksinasi.
ADVERTISEMENT
"Termasuk untuk ibu hamil, menyusui, sasaran yang memiliki immunocompromised seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lainnya,” ujar Kepala Dinkes DKI Widyastuti dalam surat yang ditekennya tersebut.
Bolehkah Ibu Menyusui Diberi Vaksin Moderna? (1022469)
searchPerbesar
Bolehkah Ibu Menyusui Diberi Vaksin Moderna? Foto: Shutter Stock
Namun, bila ibu menyusui sedang sakit, sebaiknya tunda dulu vaksinasi hingga sembuh. Sebab, orang yang sakit tidak boleh mendapatkan vaksinasi COVID-19. Begitu pula Anda yang baru sembuh dari COVID-19, baru bisa mendapatkan vaksin Moderna minimal 3 bulan setelahnya.
Selain itu, ibu menyusui yang memiliki kondisi immunocompromised seperti yang sudah dijelaskan di atas, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu ke dokter yang merawat untuk mendapatkan persetujuan vaksinasi. Bila sudah mendapatkan persetujuan dan kondisinya dinyatakan baik, maka vaksinasi boleh diberikan. Tapi, jangan lupa untuk sertakan surat keterangan dari dokter dan diserahkan ke petugas di sentra vaksinasi.
ADVERTISEMENT
Jadi, bila ibu menyusui belum mendapatkan vaksinasi dan ingin mendapatkan divaksin Moderna, yuk, segera cari informasi tentang lokasi sentra vaksin Moderna terdekat dari tempat tinggal dan daftarkan diri Anda, Moms.