kumparan
23 Maret 2019 12:13

Bolehkah Ibu Menyusui Diet demi Turunkan Berat Badan?

Ilustrasi menyusui bayi
Ilustrasi bayi menyusu Foto: Shutterstock
Wajar saja jika ibu menyusui ingin tubuhnya kembali ke ukuran semula seperti saat sebelum hamil. Ketika mengandung si kecil, Anda boleh saja berdalih kehamilan sebagai alasan naiknya berat badan. Namun begitu ia lahir, alasan itu sepertinya tak berlaku lagi.
ADVERTISEMENT
Karenanya, sebagian wanita menjalani diet demi menurunkan berat badan selama masa menyusui. Namun ada pula wanita yang khawatir melakukannya. Mereka takut diet akan mempengaruhi produksi dan kualitas ASI bagi bayi.
Jadi sebenarnya, bolehkah ibu menyusui menjalani diet demi turunkan berat badan?
Ilustrasi diet
Ilustrasi diet Foto: Thinkstock
Banyak persepsi kurang tepat tentang menyusui terkait dengan berat badan, yang beredar di masyarakat. Ada yang percaya menyusui bayi secara otomatis dapat menurunkan berat badan sehingga ibu menyusui tak perlu repot-repot diet.
Mengutip laman The Bump, rutinitas menyusui memang membakar banyak kalori, yakni sekitar 850 kalori per hari. Namun tidak semudah itu menurunkan berat badan. Sebab setelah menyusui, ibu biasanya merasa lapar dan nafsu makannya justru meningkat.
Lagi pula, ibu menyusui juga tidak disarankan mengurangi asupan kalori. Setiap harinya Anda harus mengkonsumsi setidaknya 500 kalori. Kekurangan kalori dapat menurunkan produksi ASI secara kualitas maupun kuantitas.
ADVERTISEMENT
Jadi menyusui saja tidak secara otomatis membuat tubuh Anda kembali seperti sebelum hamil. Anda boleh menjalani diet, karena memang tidak dilarang bagi ibu menyusui.
Ibu menyusui
Ibu menyusui Foto: Shutterstock
Menurut konselor menyusui Joy Anderson, justru penting untuk menurunkan berat badan yang didapat saat hamil. Usahakan agar berat badan tambahan Anda tidak terbawa hingga ke kehamilan berikutnya. Sebab jika sudah begitu, akan lebih susah untuk mengembalikan tubuh Anda dalam berat badan ideal.
“Selama masa menyusui, sangat baik untuk mengurangi berat badan ekstra secara bertahap dengan makan sehat dan olahraga. Turun setengah kilogram setiap minggunya aman untuk ibu menyusui,” tulis Joy, pada laman resmi Australian Breastfeeding.
Saat merasa perlu camilan, Joy menyarankan ibu menyusui untuk melahap snack dari gandum, sayuran atau buah-buahan. Anda juga bisa memilih produk susu rendah lemak untuk asupan sehari-hari. Selain itu ibu menyusui sebaiknya juga tak lupa minum banyak air putih karena penting dalam produksi ASI.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan