Mom
·
11 Februari 2020 9:09

Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Madu?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Madu?  (59024)
ibu menyusui - POTRAIT Foto: Shutterstock
Ibu menyusui harus memerhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ya Moms, usahakan Anda selalu mengonsumsi makanan bergizi, sebab apa yang Anda makan bisa memengaruhi produksi ASI.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana dengan madu? Apakah aman dikonsumsi ibu menyusui?
Moms, sebelumnya Anda harus tahu bahwa madu merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki nutrisi tinggi dan segudang manfaat. Mulai dari memicu hormon tidur, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan stamina, sampai mematikan bakteri yang ada di dalam tubuh.
Meski begitu, madu tidak boleh dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah 1 tahun karena berisiko terkena botulisme yang bisa berakibat fatal. Botulisme sendiri adalah Keracunan langka yang disebabkan oleh racun dari bakteri Clostridium Botulinum. Tapi, akankah bayi yang minum ASI bisa terkena botulisme jika ibu menyusui mengkonsumsi madu?
Mengutip laman Parenting Firstcry, madu aman dikonsumsi ibu menyusui. Madu hanya berbahaya jika dikonsumsi langsung oleh bayi. Hal ini dikarenakan spora botulisme yang terdapat pada madu yang dikonsumsi ibu tidak akan dibawa oleh ASI dan diminum oleh bayi. Nah, spora tersebut akan hancur jika dikonsumsi orang dewasa dan tidak ada racun yang terbawa oleh aliran darah.
ADVERTISEMENT
Jadi, jangan cemas mengonsumsi madu saat menyusui. Berikut ini adalah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari madu, Moms.
  1. Mengandung vitamin baik
Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Madu?  (59025)
ilustrasi madu Foto: Shutterstock
Madu mengandung zat besi, folat, kalsium, vitamin B, dan vitamin C. Kandungan baik tersebut bisa membuat ibu menyusui tetap bugar. Apalagi di awal proses menyusui, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak energi. Rutin mengonsumsi madu dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh.
  1. Pemanis alami yang sehat untuk tubuh
Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Madu?  (59026)
Air madu Foto: Shutterstock
Madu mengandung pemanis alami. Beberapa jenis madu bahkan memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan pemanis lain. Dengan mengonsumsi madu, Anda bisa menstabilkan kadar gula darah.
  1. Madu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan ibu menyusui
Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Madu?  (59027)
Ibu menyusui. Foto: Thinkstock
Mengonsumsi madu dapat menambah stamina saat sedang menyusui, Moms. Tak hanya itu, ia juga sebagai antibodi baik untuk ibu ataupun bayi.
ADVERTISEMENT
  1. Meningkatkan produksi ASI
Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Madu?  (59028)
Ilustrasi ASI. Foto: Shutter Stock
Cara yang tepat untuk mengonsumsi madu untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan mencampurkan madu dengan kayu manis dan susu cair. Hal itu dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI.
  1. Dapat mengobati gejala pilek atau flu, kolitis, dan sakit tenggorokan
Bolehkah Ibu Menyusui Konsumsi Madu?  (59029)
Ilustrasi ibu menyusui sakit. Foto: Shutterstock
Ibu menyusui disarankan tidak terlalu sering mengonsumsi obat. Nah Moms, madu bisa jadi salah satu solusi jika ibu menyusui sedang sakit, seperti batuk dan pilek. Anda bisa membuat racikan minuman yang terdiri dari air jahe yang dicampur madu. Jangan lupa disajikannya hangat, agar terasa segar di badan.