Mom
·
21 November 2020 8:56

Bolehkah Minum Yoghurt saat Hamil?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bolehkah Minum Yoghurt saat Hamil?  (112789)
Yoghurt untuk ibu hamil. Foto: Shutter Stock
Yoghurt merupakan makanan probiotik yang memiliki citra rasa lezat dan menyegarkan. Makanan ini dibuat dengan bantuan dari proses fermentasi dengan bahan susu yang mengandung bakteri alami, namun sehat untuk tubuh. Namun, bolehkah dikonsumsi ibu hamil?
ADVERTISEMENT
Ya Moms, banyak yang meragukan yoghurt sebagai makanan yang aman untuk ibu hamil. Hal ini disebabkan karena yogurt terbuat dari susu yang difermentasi, dengan memasukan bakteri ke dalamnya. Namun, pembuatan yoghurt juga melalui pasteurisasi. Tujuannya untuk membunuh bakteri dan organisme jahat, tapi menyisakan bakteri yang baik.
Dengan kata lain, yoghurt jadi salah satu makanan sehat yang boleh dikonsumsi ibu hamil. Lantas, apa saja manfaatnya?

Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil

Sumber Kalsium

Seperti yang dikatakan sebelumnya, yoghurt terbuat dari hasil fermentasi dengan bahan dasar susu. Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung kalsium tinggi, yang baik untuk kesehatan tulang. Setiap satu mangkuk yoghurt, terkandung 256 mg kalsium di dalamnya.
ADVERTISEMENT

Mencegah Cacat Tabung Saraf

Bolehkah Minum Yoghurt saat Hamil?  (112790)
Yoghurt untuk ibu hamil. Foto: Shutterstock
Cacat tabung saraf sering kali terjadi karena calon ibu kekurangan gizi, khususnya asupan folat. Yoghurt bisa menjadi salah satu makanan yang mengandung folat tinggi, yang mampu mencegah cacat tabung saraf.

Sebagai Asupan Protein

Meski dari proses fermentasi, hal ini tidak akan menghilangkan kandungan protein dalam yoghurt itu sendiri. Kandungan protein dalam yoghurt dapat membantu Anda dan janin lebih sehat dan terhindar dari cepat lemas. Anda juga bisa mencampurkan semangkuk yoghurt dengan buah-buahan segar, agar lebih semangat konsumsi yoghurt seperti mangga, stroberi, semangka ataupun blueberry.

Mencegah Sembelit

Bolehkah Minum Yoghurt saat Hamil?  (112791)
Ilustrasi wanita hamil sembelit (cover) Foto: Shutter Stock
Kandungan probiotik dalam yoghurt juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan saat hamil. Hal ini jelas dapat mencegah sembelit yang umum terjadi saat sedang hamil, Moms.
ADVERTISEMENT

Membantu Perkembangan Otak Janin

Kandungan omega-3 dalam yoghurt sangat baik untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin terutama pada sistem saraf, otak dan juga mata janin.

Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Yoghurt juga mengandung kalium tinggi yang berperan penting dalam menjaga keseimbangan elektrolit. Kalium dalam yoghurt juga berperan penting dalam menjaga keseimbangan denyut jantung dan kesehatan jantung ibu hamil.