kumparan
4 September 2018 17:23

Calon Ibu Perlu Tahu, Ini 3 Kemungkinan Tanda Hamil Bayi Kembar

Ibu hamil.
Ibu hamil. (Foto: Thinkstock)
Saat dinyatakan hamil dan merasa bahagia, pernahkah Anda juga berpikir mungkinkah Anda hamil kembar? Dan apa saja tanda hamil lebih dari satu bayi itu?
ADVERTISEMENT
Pasti, sudah terbayang ingin mendadani anak dengan pakaian serasi juga senada ya, Moms!
Bila calon ibu memiliki garis keturunan kembar, maka bisa memperbesar peluang. Lantas, apa sajakah tanda hamil bayi kembar yang calon ibu perlu tahu? Dilansir laman Parents, berikut ulasannya:
Hormon hCG Meningkat
Peningkatan kadar hormon hCG (human chorionic gonadotropin) dalam darah dapat menandakan bahwa Anda tengah hamil bayi kembar. Jika angka-angka ini tampaknya meningkat pada tes awal, Anda mungkin memiliki lebih dari satu bayi.
“Kehamilan kembar sering meningkatkan titer hCG darah, tapi hal ini juga bisa berlaku ketika Anda hamil anak tunggal, ” Kata Amos Grunebaum, MD, Direktur Kebidanan di New York.
Mengalami Gejala Kehamilan yang Lebih Besar
ADVERTISEMENT
Saat hamil, tubuh akan mengalami perubahan hormonal. Apabila Anda sedang mengandung anak kembar, perubahan hormonal tersebut akan terasa lebih hebat dibanding hamil anak tunggal, Moms. Calon ibu mungkin akan lebih sering mengalami morning sickness daripada ibu dengan kehamilan tunggal.
Tak hanya morning sickness, tapi juga sakit perut, kembung, sakit pinggang juga terasa lebih sakit dari pada biasanya.
Ilustrasi ibu hamil mual.
Ilustrasi ibu hamil mual. (Foto: Thinkstock)
“Ketika seorang wanita hamil dengan bayi kembar, dia berisiko lebih tinggi untuk mengalami banyak perubahan. Misalnya, karena peningkatan hormon kehamilan hCG, dia mungkin memiliki lebih banyak gejala mual dan muntah daripada seorang wanita yang hanya mengandung satu bayi,” ujar Christine Greves, M.D., di Winnie Palmer Hospital for Women & Babies, Orlando, AS.
ADVERTISEMENT
Dr. Greves juga menjelaskan bahwa wanita yang hamil kembar, akan lebih mungkin mengalami hyperemesis gravidarum, yakni keadaan calon ibu akan muntah berlebih, dan mungkin membutuhkan cairan infus dan bantuan lainnya.
Besarnya Ukuran Perut Melebihi Ukuran Normal
Namanya juga tengah mengandung dua bayi, maka tak mengherankan bila usia kandungan Anda baru berusia 4 bulan tapi tampak lebih. Ya, ukurannya lebih kelihatan besar dari kehamilan tunggal.
Meski begitu, Grunebaum mengungkap, ukuran dan berat badan ibu hamil yang membesar tidak dapat digunakan sebagai indikator pasti kehamilan kembar. Meski begitu, banyak calon ibu yang yang mengatakan bahwa tanda hamil bayi kembar, yakni perut mereka tumbuh lebih cepat dan lebih besar saat memasuki trimester pertama.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan