Mom
·
3 Mei 2021 12:09

Cara Ajari Bayi Pegang Botol Susu Sendiri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Ajari Bayi Pegang Botol Susu Sendiri (27764)
Cara Ajari Bayi Pegang Botol Susu Sendiri Foto: Shutterstock
Seiring bertambahnya usia, bayi akan mengembangkan banyak kemampuan baru. Mulai dari berguling, merangkak, duduk, hingga berjalan. Selain kemampuan tersebut, si kecil juga mulai bisa mengoceh, melambaikan tangan, tepuk tangan, hingga memegang botol susu sendiri.
ADVERTISEMENT
Bicara soal memegang botol susu sendiri, menurut Sandeepa Rajadhyaksha, MD, direktur medis asosiasi dari Children's Health Pediatric Group di Dallas, Amerika Serikat, mulai memegang botolnya sendiri saat berusia 6 sampai 10 bulan.
“Kebanyakan bayi akan mulai memegang botolnya sendiri antara 6 sampai 10 bulan, seiring dengan perkembangan keterampilan motorik halus mereka,” jelasnya seperti dikutip dari The Bump.
Hanya saja orang tua perlu mengingat, setiap bayi berbeda-beda. Ada yang bisa memegang botol susu sendiri sebelum berusia 6 bulan, atau bahkan setelah usia 10 bulan. Hal ini menurut Rajadhyaksha merupakan hal yang normal, sehingga orang tua harus bersabar.
Namun jika si kecil telah menunjukkan tanda bahwa ia siap, tidak ada salahnya mengajari bayi untuk memegang botol susunya sendiri, Moms. Misalnya bila si kecil sudah bayi bisa duduk sendiri selama 10 menit, bisa mengambil mainan dan memasukkannya ke mulut saat duduk, atau bila bayi kerap meraih botol saat hendak memberinya susu.
ADVERTISEMENT
Lalu, bagaimana caranya mengajarkan bayi memegang botol susu sendiri? Berikut kumparanMOM berikan tipsnya.

Tips Mengajari Bayi Memegang Botol Susu Sendiri

Cara Ajari Bayi Pegang Botol Susu Sendiri (27765)
Tips Ajari Bayi Memegang Botol Susu Sendiri Foto: Shutterstock
1. Masukkan Teether ke Mulutnya saat Duduk
Coba masukkan teether atau mainan yang aman untuk digigit ke mulutnya saat bayi sedang duduk sendiri. Menurut Melanie Potock, pakar makanan anak dari Denver, Amerika Serikat, dan salah satu penulis Baby Self-Feeding, kegiatan ini dapat membantu bayi menggunakan otot leher dan wajahnya.
"Ini membantu bayi menggunakan otot leher dan wajah yang sama dengan yang dia perlukan untuk memegang dan minum dari botol,” terangnya.
2. Lakukan Tummy Time
Seringlah ajak si kecil tummy time untuk meningkatkan kekuatan inti tubuhnya. Karena, bayi perlu mengembangkan penyangga tubuh dalam enam bulan pertama kehidupannya, supaya bisa memegang benda di depan mulut mereka dengan kedua tangannya.
Cara Ajari Bayi Pegang Botol Susu Sendiri (27766)
Cara ajari bayi memegang botol susunya sendiri Foto: Shutterstock
3. Bimbing Tangan Bayi ke Botol
ADVERTISEMENT
Bimbing tangan bayi ke botol saat Anda menyusuinya. Mulailah dengan memposisikan bayi seperti Anda akan memberikannya susu. Kemudian, arahkan tangannya ke sekitar botol.
Setelah dia menguasai keterampilan memegang botol, perhatikan apakah bayi meletakkan dotnya ke mulut atau tidak. Jika tidak, Anda dapat membantu memandu si kecil memasukkannya.
4. Pilih Dot yang Tepat
Anda harus memilih dot yang tepat untuk bayi. Jika bisa, pilihlah dot berbentuk silinder supaya membantu posisi lidah dengan benar. Anda juga bisa mengganti botol dengan bahan silikon supaya tidak licin dan tidak sakit saat botol terjatuh ke wajahnya.
Cara Ajari Bayi Pegang Botol Susu Sendiri (27767)
Cara ajari bayi supaya bisa pegang botol susu sendiri Foto: Shutterstock
5. Ajari Bayi Kegunaan Botol
Buat bayi Anda memahami hubungan antara rasa lapar dan botol susu. Anda dapat melakukan ini dengan memberinya botol saat dia lapar. Mom Junction melansir, bayi belajar mengenali wajah dan objek dari jarak jauh sejak usia tiga bulan.
ADVERTISEMENT
Sehingga, bayi dapat dengan mudah mengasosiasikan tujuan objek tertentu. Melatih pikiran kecilnya untuk memandang botol sebagai sumber makanan akan secara otomatis merangsangnya untuk meminumnya saat dia lapar.
****
Saksikan video menarik di bawah ini: