kumparan
search-gray
Mom24 Juli 2020 12:02

Cara Artika Sari Devi Seimbangkan Waktu Belajar dan Bermain Anak Selama di Rumah

Konten Redaksi kumparan
Cara Artika Sari Devi Seimbangkan Waktu Belajar dan Bermain Anak Selama di Rumah (618408)
Anak belajar dari rumah pakai laptop Foto: Shutterstock
Pandemi virus corona yang juga belum usai hingga kini, mengharuskan kegiatan belajar anak dilakukan secara jarak jauh atau daring. Tak jarang, bagi beberapa anak, hal ini mungkin saja membuatnya jadi lebih cepat bosan. Begitu pula dengan orang tua yang jadi lebih banyak terlibat dalam proses belajar anak.
ADVERTISEMENT
Hal ini rupanya juga dialami oleh Artika Sari Devi, Puteri Indonesia tahun 2004 sekaligus ibu dari dua anak, Abbey dan Zoey. Selama berada di rumah, Artika bersama sang suami, Ibrahim Imran alias Baim berusaha meluangkan waktu secara bergantian untuk mendampingi anak belajar. Karena meski segala aktivitasnya kini lebih banyak di rumah, tapi baik Artika maupun Baim masih disibukkan dengan pekerjaannya masing-masing.
Di tengah kesibukannya itu, mereka pun tahu anak tentu akan merasa jenuh atau bosan jika belajar terus menerus. Maka dari itu, pasangan suami istri yang menikah pada 2008 ini pun memiliki caranya sendiri untuk mengusir rasa penat anak-anaknya. Kira-kira, seperti apa, ya, Moms?
Cara Artika Sari Devi Seimbangkan Waktu Belajar dan Bermain Anak Selama di Rumah (618409)
Psikolog Anna Surti Ariani, Artika Sari Devi dan anaknya, Zoey di acara Webinar bersama Paddle Pop. Foto: Dok. Paddle Pop Indonesia

Cara Artika Sari Devi dan Baim Seimbangkan Waktu Belajar dan Bermain Anak

Artika mengatakan bahwa di sela-sela waktu belajar anak, ia menyediakan waktu agar anak bisa rileks. Salah satu cara yang ia lakukan adalah bermain. Ya Moms, Artika percaya bahwa segala sesuatu yang baik tak hanya didapat dari belajar, tapi juga bisa diperoleh anak dengan cara bermain. Bahkan, cara ini sudah ia terapkan jauh sebelum adanya pandemi ini.
ADVERTISEMENT
"Saya sama Mas Baim sepakat bahwa mereka (anak-anak) punya waktu yang imbang antara bermain dan belajar. Di masa seperti saat ini saya juga merasa berbagai tantangan, belum lagi anak-anak juga harus melakukan penyesuaian, adaptasi dari pagi sudah berhadapan dengan screen," kata Artika Sari Devi dalam Webinar bertema '#MainYuk dari Rumah Bareng Paddle Pop' yang dihelat Rabu (22/7).
Cara Artika Sari Devi Seimbangkan Waktu Belajar dan Bermain Anak Selama di Rumah (618410)
Artika Sari Devi bersama anak-anaknya. Foto: Instagram/ @artikasaridevi

Sediakan Waktu Bermain bersama Anak Setidaknya 10-15 Menit Setiap Hari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di sela-sela waktu belajar atau ketika jam istirahat tiba, Artika maupun Baim meluangkan waktu untuk mengajak anak bermain. Waktu bermainnya pun tak lama, hanya sekitar 10-15 menit.
Meski waktu yang digunakan untuk bermain tak cukup lama, namun waktu tersebut tentu akan memberikan efek positif pada anak. Sehingga, si kecil kembali lagi semangat untuk belajar.
ADVERTISEMENT
"Saya ikut main atau Mas Baim ikut main. Jadi, orang tua ikut terlibat dalam permainan itu," ujarnya.
Cara Artika Sari Devi Seimbangkan Waktu Belajar dan Bermain Anak Selama di Rumah (618411)
Artika Sari Devi bersama suami, Baim serta kedua anaknya Abbey dan Zoey. Foto: Prameshwari 'Imesh' Sugiri/kumparan.com

Membuat Jadwal Harian di Rumah

Agar waktu belajar dan bermain dapat berjalan dengan seimbang, Artika, suami, dan anak-anaknya pun sepakat untuk membuat jadwal harian di rumah. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk memeriksa kembali adakah tugas atau pekerjaan yang belum dikerjakan atau diselesaikan anak di hari tersebut.
"Akhirnya kami sepakat membuat jadwal harian di rumah. Ini kami tulis sesuai waktu porsi yang kami punya. Ada waktunya mereka bermain bersama kita, bermain sendiri, belajar, dan sebagainya," pungkasnya.
Nah Moms, itulah beberapa tips dari Artika Sari Devi tentang seimbangkan waktu belajar dan bermain anak selama di rumah. Apakah Anda tertarik mencobanya atau justru punya tips lain? Yuk, berbagi informasinya di kolom komentar.
ADVERTISEMENT